55 Persen Dari Kalangan Profesional, Jokowi: Komposisi Kabinet Tetap Hak Prerogatif Presiden

Safari
55 Persen Dari Kalangan Profesional, Jokowi: Komposisi Kabinet Tetap Hak Prerogatif Presiden

Jakarta, HanTer - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan dirinya terus mematangkan rencana komposisi kabinet pemerintah ke depan. Jokowi menambahkan akan segera mengumumkan susunan kabinet baru.

"Ya profesional 55, 45 dari parpol," kata Presiden ditemui usai Upacara Peringatan Hari Pramuka di Cibubur, Jakarta pada Rabu (14/8/2019).

Menurut mantan gubernur DKI Jakarta itu, komposisi kabinet tetaplah hak prerogatif presiden.

Kendati demikian, Presiden tidak menyangkal usia sejumlah menteri kabinet baru akan beragam. "Yang muda, yang setengah muda, campur-campurlah. Ada yang setengah tua ada juga," jelas Jokowi dilansir Antara.

Selain itu pada periode kedua pemerintahan Presiden Jokowi, beberapa nomenklatur untuk kementerian akan diubah. "Ada yang digabung, ada yang muncul yang baru. Nanti kalau sudah waktunya, tahu semua. Jangan nebak-nebak," demikian Presiden.  

Belum Tahu

Sementara itu, Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mengaku belum mengetahui mengenai susunan kabinet Pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin untuk periode 2019-2024 yang telah dirampungkan.

"Belum (diberitahukan). Mungkin saya barangkali terakhir," kata Surya Paloh usai memberikan Kuliah Umum Kebangsaan "Tantangan Bangsa Indonesia Kini dan Masa Depan" Iluni UI Sekolah Pascasarjana Sekolah Kajian Stratejik dan Global, di Gedung IASTH Kampus UI Salemba, Jakarta Pusat, Rabu.

Surya mengaku tak masalah jika dirinya memang belum diberi kabar oleh Jokowi soal susunan nama menteri. "Mungkin saya, barangkali terakhir kali. Ya nggak apa-apa lah ya," kata Surya.

Yang jelas apapun keputusan Jokowi terkait menteri ini dirinya akan mendukung. Termasuk soal komposisi menteri yang disebut akan berjumlah 55 persen dari kalangan profesional dan 45 persen dari kalangan partai politik.

"Apapun bentuknya, mau 25 persen, mau 35 persen itu hak prerogatif presiden," kata Surya.