Kasus Suap Bawang Putih; Politisi PDIP Dicokok di Bandara Seotta

ant
Kasus Suap Bawang Putih; Politisi PDIP Dicokok di Bandara Seotta

Jakarta, HanTer - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebutkan anggota Komisi VI DPR RI yang turut ditangkap terkait suap impor bawang putih berangkat dari Bali sebelum dijemput tim KPK di Bandara Soekarno Hatta, Kamis (8/8/2019).

"Yang pasti satu orang ini perjalanannya diduga dari Bali kemudian ke Jakarta dan kami jemput di Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Jadi tim langsung ditugaskan ke sana dan dibawa ke kantor KPK," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, anggota Komisi VI DPR RI yang dimaksud adalah Nyoman Dhamantra dari Fraksi PDIP.

Adapun PDIP saat ini sedang menggelar Kongres V di Bali.

Penangkapan anggota Komisi VI DPR RI , kata Febri, terkait dengan ditangkapnya terlebih dahulu orang kepercayaan anggota Komisi VI DPR RI itu.

"Karena sebelumnya KPK sudah mengamankan orang dekat atau orang kepercayaan dari anggota DPR RI ini sehingga dari sana ditemukan bukti-bukti bahwa kami harus mengamankan satu orang lagi yang merupakan penyelenggara negara dalam kasus ini," kata Febri.

Sebelumnya, KPK telah mengamankan bukti transfer sekitar Rp2 miliar dan uang dalam bentuk dolar AS terkait operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta tersebut.

"Kami mengamankan sejumlah barang bukti termasuk di antaranya bukti transaksi perbankan yang diduga menggunakan money changer dengan lebih dari Rp2 miliar. Jadi, ada transfer yang menggunakan fasilitas money changer yang kami indikasikan itu ditujukan untuk salah satu anggota DPR RI di Komisi VI terkait impor bawang putih," kata Febri.