Badiklat Kejaksaan RI Bekali Jaksa Kemampuan Berbahasa Inggris

zamzam
Badiklat Kejaksaan RI Bekali Jaksa Kemampuan Berbahasa Inggris

Jakarta, HanTer -  Kepala Badan Diklat (Kabadiklat) Kejaksaan RI Setia Untung Arimuladi melakukan optimalilasi Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya kemampuan berbahasa Inggris bagi jaksa yang tengah menjalani pendidikan di Gedung Badiklat, Ragunan, Jakarta Selatan.

Salah satu langkah yang ditempuh menjalin kerjasama dengan Regional English Language Office (RELO) United States Embassy Jakarta.

"Kerjasama kedepan akan  ditinjaklanjuti lebih optimal sehingga para Jaksa nantinya bisa menguasai bahasa Inggris Hukum, setidaknya memahami," ujar Untung kepada Harian Terbit diselasa uji publik calon Anggota Komisi Kejaksaan RI (KKRI) di Kejagung, Kamis (8/8/2019).

Sehari sebelumnya Untung bersama jajaran Badiklat RI menerima Rombongan RELO di Badiklat Kejaksaan RI. Pertemuan berlangsung di Ruang Command Center.

Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut kunjungan pada 15 Mei 2019 lalu yaitu kerjasama peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Kejaksaan di bidang Bahasa Inggris Hukum untuk calon Jaksa (Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Jaksa/PPPJ).

Rombongan yang dipimpin Mrs Mary berjumlah sebanyak kurang lebih 10 oarang bereserta calon guru bahasa inggris Hukum yang nantinya akan mengajar pada Diklat Pembentukan Jaksa ( PPPJ).

Sebelum mengajar PPPJ para calon guru-guru tersebut terlebih dahulu di training selama 4 ( empat ) hari mulai tanggal 7 sampai dengan 10 Agustus 2019 di ruang Laboratorium Komputer lantai 2 Gedung Timbangan.

Untung menjelaskan kerjasama ini kedepan akan dapat di tinjaklanjuti lebih optimal sehingga para Jaksa nantinya bisa menguasai bahasa inggris hukum setidaknya memahami.

Untung bersama jajarannya mengajak tamu dan rombongan untuk melihat-lihat sarana dan prasarana Kampus A Badiklat yang berbasis IT ( Informasi Teknologi), dan ruang kelas kegiatan belajar para peserta PPPJ.

Sedangkan materi yang akan diajarkan kepada peserta PPPJ yakni Bahasa Inggris Hukum untuk calon Jaksa antar lain, pendahuluan jaksa dan perannya dalam system hokum di berbagai Negara, Dasar-dasar hokum pidana, peran lainnya dalam system hokum pidana,Sistem pengadilan,Praperadilan pidana,Praperadilan pidana ( Lanjutan ),Proses persidangan,Pembuktian dan pencarian bukti,Pembuktian dan pencarian bukti ( lanjutan ) soff skil dalam persidangan,Proses Persidangan ( Lanjutan ) Hak-hak dan Pembelaan, Hak-hak dan Pembelaan ( lanjutan )Penetapan hukuman dan Upaya banding.