Kongres V PDIP, Megawati Sebut Demokrasi Pancasila Alat Untuk Masyarakat Adil Makmur Yang Sempurna

Safari
Kongres V PDIP, Megawati Sebut Demokrasi Pancasila Alat Untuk Masyarakat Adil Makmur Yang Sempurna

Bali, HanTer - Dalam Kongres V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan pentingnya Demokrasi Pancasila sebagai alat untuk mencapai kemakmuran.

“Demokrasi yang Indonesia anut adalah Demokrasi Pancasila. Dalam Pancasila demokrasi adalah alat, alat untuk mencapai masyarakat adil makmur yang sempurna. Sedangkan pemilihan umum adalah alat untuk menyempurnakan demokrasi itu. Jadi, pemilihan umum  sekadar alat untuk menyempurnakan Demokrasi Pancasila,” kata Mega di Bali, Kamis (8/8/2019).

Menurutnya, sikap prilaku menebarkan kebencian dan hujatan merajalela karena pemilihan umum tentu mengancam keutuhan bangsa, tenaga bangsa remuk-redam dan demokrasi terancam dilumpuhkan. 

“Jika ada yang memainkan strategi itu dalam pemilihan umum, maka pemilihan umum akhirnya hanya menjadi alat untuk menyeret bangsa ini meninggalkan Pancasila, menjadi alat yang dengan sistematis membuat bangsa ini  mengingkari amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Artinya, siapa pun yang menggunakan pola-pola tersebut telah sengaja pula memporak-porandakan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan dengan sengaja pula melenyapkan Bhinneka Tunggal Ika dari bumi Indonesia,” kata Mega.