Pulangkan Habib Rizieq Tanpa Syarat Apapun

Safari
Pulangkan Habib Rizieq Tanpa Syarat Apapun
Penanggung Jawab Ijtima Ulama IV Yusuf Muhammad Martak

Bogor, HanTer— Penanggung Jawab Ijtima Ulama IV Yusuf Muhammad Martak mengatakan Ijtima Ulama IV meminta untuk menghentikan agenda pembubaran ormas Islam dan stop kriminalisasi ulama. Ijtima Ulama juga meminta agar memulangkan Habib Rizieq Shihab tanpa syarat apapun.

“Ijtima Ulama digelar Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama dan Persaudaraan Alumni 212. Sedangkan keduanya erat kaitannya dengan FPI. Hal itu yang menurutnya pembahasan kepulangan Habib Rizieq dari Mekkah ke Tanah Air menjadi hal yang penting,” kata ujar Martak, saat konferensi pers jeda shalat zuhur.

Seperti diketahui, Ijtima Ulama yang dibuka pukul 09.05 dibuka dengan penyampaian pesan Rizieq melalui rekaman suara. Kemudian dilanjut dengan sambutan GNPF Ulama terkait pelaksanaan Pemilihan Preside 2019.

Gak Perlu

Terpisah, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Helmy Faishal Zaini menilai bahwa Itjima Ulama IV tidak perlu dilakukan.

"Nggak perlu lah. Kalau mau silaturahim kan sudah banyak, ada halal bi halal segala macem," ujar Helmy saat ditemui di Kantor PBNU, Senen, Jakarta Pusat, Senin, seperti dilansir Antara.

Namun, Mantan Menteri Pembangunan Desa dan Daerah Tertinggal itu juga mengatakan bahwa bagaimana pun seluruh masyarakat memiliki hak untuk berserikat, tapi juga perlu dilihat apa agendanya.

"Tapi ya silahkan silahkan aja (mengadakan Ijtima Ulama, red). Orang kan juga bebas mau berserikat, berkumpul, tergantung agendanya sih," kata Helmy sebelum meninggalkan tempat.