Satgas Yonif Mekanis 741/GN Gelar Upacara Sambut HUT RI Ke -74

Safari
Satgas Yonif Mekanis 741/GN Gelar Upacara Sambut HUT RI Ke -74
Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN melaksanakan kegiatan Upacara Bendera di Bukit Desa Nainaban, Kec Bikomininulat Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis, (1/8/2019).

Timor Tengah Utara, HanTer - Dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme dan memeriahkan HUT ke - 74 Kemerdekaan Republik Indonesia di wilayah perbatasan, Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN melaksanakan kegiatan Upacara Bendera di Bukit Desa Nainaban, Kec Bikomininulat Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis, (1/8/2019).

Kegiatan upacara tersebut diikuti seluruh masyarakat dan anak sekolah dari tingkat SD sampai dengan SMA. Kegiatan Upacara bendera yang diikuti kurang lebih oleh 200 orang, dan turut hadir Camat Bikomi Ninulat, Kepala Desa Nainaban, para tetua Adat, Danpos jajaran Kipur 1 Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Mekanis 741/GN Sektor Barat, khususnya yang masuk wilayah Bikomi Ninulat dan juga Kapospol Haumeniana. 

Adapun rangkaian kegiatan Upacara yaitu yang paling utama mengibarkan bendera merah dengan ukuran bendera 3 X 2 Meter pada ketinggian 20 meter. 

Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun untuk menanamkan rasa Nasionalisme seluruh masyarakat khususnya anak-anak di sepanjang batas RI-RDTL. Setidaknya mereka bisa menghargai kerja keras para pahlawan yang sudah berjuang demi kemerdekaan dan mengerti bagaimana pentingnya meneruskan perjuangan mereka dengan berjuang, belajar guna meneruskan pembangunan terutama dikampung halaman mereka di batas. 

Selama kegiatan berjalan dengan aman dan lancar. Dalam kegiatan upacara yang bertindak selaku Inspektur Upacara Camat Bikomi Ninulat Marcel Sera (43) mengucapkan terima kasih banyak kepada anggota Pos Baen karena sudah membantu pelaksanaan Upacara Bendera dipuncak bukit Nainaban sehingga berjalan dengan lancar dan anak-anak diperbatasn RI-RDTL memahami pentingnya sejarah.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Mayor Inf Hendra Saputra, S.Sos., M.M., M.I.Pol mengatakan, upacara yang dilaksanakan diperbatasan menunjukkan bagaimana bangsa Indonesia masih berjuang agar rasa nasionalisme terus berkembang pada segenap bangsa Indonesia. Semua kalangan tentu tahu dan menyadari bagaimana pentingnya memanfaatkan waktu untuk mengisi kemerdekaan ini dengan semua kegiatan positif, seperti upacara ini contohnya. 

"Dari sini mari kita meriahkan untuk ikut mengibarkan bendera merah putih mulai dari tangal 1 sampai dengan 31 Agustus. Agar para pahlawan bangga kita meneruskan jiwa nasionalisme yang mereka tanamkan dan sudah ada sejak dulu pada tiap bangsa Indonesia," jelasnya.