Gempa 7,4 Warga Panik: “Kepala Keliyengan dan Mual-mual”

Sammy
Gempa 7,4 Warga Panik: “Kepala Keliyengan dan Mual-mual”
Pusing dan mual setelah meresakan gempa bumi

Jakarta, HanTer— Warga Jakara panik berhamburan keluar dari gedung dan rumah karena merasakan dampak goncangan gempa bermagnitudo 7,4 yang berpusat di Banten.

"Ini getarannya cukup kuat," kata Dodi yang bekerja sebagai petugas keamanan di salah satu pusat perbelanjaan Jakarta Pusat, Jumat malam.

“Getaran cukup terasa, kepala saya jadi keliyengan dan saya mual,” kata Andi, karyawan swasta kepada Harian Terbit, Jumat (2/8/2019).

Sejumlah remaja dan orang dewasa berhenti di luar gedung perbelanjaan dan tidak berani masuk ke dalam karena masih panik setelah merasakan gempa.

Warga-warga yang tinggal di dalam rumah juga berhamburan keluar untuk mengamankan diri. "Gempa... gempa," seru warga sambil keluar dari rumah, seperti dilansir Antara.

Getaran gempa di Banten itu juga dirasakan hingga ke Jakarta, Depok, Tangerang Selatan, dan sekitarnya.

Gempa bumi bermagnitudo 7,4 terjadi di posisi 147 km barat daya Sumur-Banten. Gempa berkedalaman 10 km yang berpotensi tsunami.

Goncangan tersebut berlangsung sebentar. Setelah goncangan itu, warga Jakarta kembali melakukan aktivitasnya, dan warga kembali masuk ke rumah mereka.

Tamu Hotel

Pengunjung di sejumlah pusat perbelanjaan mal dan hotel di Kota Bekasi, Jawa Barat, panik saat terjadi gempa berkekuatan 7,4 magnitudo, Jumat malam.

"Kebetulan saya baru keluar dari mal. Getarannya terasa banget sampai di kabin mobil," kata salah satu pengunjung Summarecon Mal Bekasi, Muhammad Gofur, di Bekasi.

Kepanikan masyarakat juga tampak di kawasan mal dan perkantoran Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan. Pengunjung Mega Bekasi Hyper Mal dan Bekasi Cyber Park berhamburan hingga ke sisi Jalan Ahmad Yani untuk menyelamatkan diri.

Puluhan tamu di Hotel Amarossa dan Aston juga beranjak keluar gedung mencari lokasi aman di area parkir.

"Waktu kejadian saya melintas di depan hotel, melihat ada banyak kerumunan orang di depan hotel persis setelah beberapa menit gempa selesai," kata pengendara sepeda motor di Jalan Ahmad Yani, Riesty Yusnilaningsih.