Gaet Wisatawan, LFK 2019 Hadirkan Empat Agenda Unggulan

Arbi
Gaet Wisatawan, LFK 2019 Hadirkan Empat Agenda Unggulan

Jakarta, HanTer - Pemerintah Provinsi Lampung kembali menggelar Lampung Krakatau Festival (LFK) 2019. LFK yang ke-29 kali ini akan menampilkan empat agenda unggulan, yaitu Trip Krakatau, Pesona Kemilau Sai Bumi Ruwa Jurai, Expo Krakatau Lampung dan Karnaval Budaya.

Peluncuran LFK 2019 dilakukan oleh Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim dan Tenaga Ahli Menteri Bidang Manajemen Calender of Event Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti, dan sejumlah stakeholder terkait, di gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Rabu (31/7/2019).

Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Manajemen Calendar of Events Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti dalam sambutannya mewakili Menpar Arief Yahya menyatakan bahwa event tahunan ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Lampung.

Apalagi, menurut Esthy, atraksi Lampung memiliki atraksi alam dan budaya yang sudah dikenal wisatawan dunia antara lain ada Gunung Krakatau dan Pusat Pelatihan Gajah di Way  Kambas.

“Gunung Krakatau sudah lama dikenal wisatawan dunia. Belakangan ini Pantai Krui di Pesisir Barat, Lampung, juga sangat populer di kalangan para surfer sebagai lokasi surfing kelas dunia,” kata Esthy Reko Astuty, dalam kesempatan itu.

LFK kali ini juga lebih matang, karena didukung dengan mulai beroperasinya jalan tol Trans Sumatera (Bakauheni-Palembang), bertambahnya dermaga penyeberangan Ferry Eksekutif di Pelabuhan Merak dan Bakauheni, serta fasilitas Bandara Raden Inten II yang menjadi bandara internasional.

“Bandara internasional menjadi bagian penting dalam unsur 3A yakni aktraksi, amenitas, dan aksesibilitas. Wisman lebih menyukai penerbangan langsung ke destinasi pariwisata yang memiliki fasilitas bandara internasional,” ujarnya.

Esthy mengingatkan, sukses atau tidaknya sebuah event bergantung pada semakin baiknya unsur atraksi, amenitas dan aksesibilitas (3A). "Konsistensi menjadi unsur penting dalam menyelenggarakan 100 event dalam Calender of Event, selain unsur creative value, commercial value, cimmunication value dan CEO Commitment," ucapnya.

Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim, mengungkapkan, akan memeperkuat branding Krakatau sebagai salah satu daya tarik dan ikon pariwisata Lampung. Terlebih, pariwisata merupakan sektor unggulan  setelah pertanian di Provinsi Lampung. 

Lampung Krakatau Festival (LFK) akan dipusatkan di Kota Bandar Lampung pada 23-25 Agustus 2019. Mengandalkan nama besar Krakatau, Chusnunia menargetkan event ini mampu menjaring 25 ribu wisatawan

“Target kami 25.000 wisawatan bisa datang, apalagi branding Krakatau sudah sangat mendunia,” ujarnya.