Erupsi Gunung Tangkuban Parahu, 15 Wisatawan Alami Sesak Nafas

Ant
Erupsi Gunung Tangkuban Parahu, 15 Wisatawan Alami Sesak Nafas

Bandung, HanTer - Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat menyatakan sebanyak 15 wisatawan mengalami sesak nafas akibat erupsi yang terjadi di Gunung Tangkuban Parahu, Kabupaten Bandung Barat, Jumat sore.

"Ada 15 orang wisatawan yang terdampak sesak nafas dan sudah dibawa ke Sespim Porli Lembang," kata Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Jawa Barat Budi Budiman Wahyu.

Budi mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa erupsi Gunung Tangkuban Parahu dan tidak ada warga yang mengungsi.

Menurut dia, BPBD Provinsi Jawa Barat melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung Barat dan PVMBG. "Kami juga telah menurunkan tim untuk assesment, kemudian kami beserta Tim Gabungan BPBD KBB dan BPBD Kab Subang siaga di pos Pantau PVMBG," kata dia.

Ia mengimbau kepada warga agar tetap waspada dan memperhatikan arahan dari petugas dan tidak terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab. "Untuk titik aman diimbabu dua kilometer dari lokasi, lokasi ke pemukiman kurang lebih tujuh kilometer," kata dia.