Jika Gabung Pemerintahan Jokowi

Gerindra Bisa Usung Rizal Ramli Jadi Menteri

Safari
Gerindra Bisa Usung Rizal Ramli Jadi Menteri
Ekonom senior Rizal Ramli

Jakarta, HanTer-- Penggagas Masyarakat Madani untuk Oposisi Indonesia, Ray Rangkuti menyebut, kemungkinan Partai Gerindra bergabung dengan lingkaran Istana sangat terbuka lebar. Terlebih setelah Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan presiden terpilih Joko Widodo di MRT Jakarta beberapa waktu lalu. 

Ray memprediksi jika gabung ke pemerintahan Jokowi, Gerindra bisa mendapat dua kursi menteri. Sepertinya mengincar posisi menteri ekonomi. Menurutnya,  ekonom senior DR Rizal Ramli sebagai orang yang berpeluang mengisi slot Gerindra untuk Menko Perekonomian. 

Rizal Ramli, kata dia, merupakan tokoh nasional yang pernah menjabat sebagai Menko Perekonomian di era Presiden Gus Dur. Beragam prestasi telah ditorehkan. “Bisa saja yang dipilih oleh Gerindra, figurnya adalah Rizal Ramli. Kalau dia kan emang di dunia itu (ekonomi) gitu,” tegasnya.

Tidak hanya pengalaman di bidang ekonomi, pria yang akrab disapa RR itu juga memiliki kelebihan hubungan yang dekat dengan Jokowi maupun Prabowo. Dia pernah dipercaya menjabat sebagai Menko Kemaritiman oleh Jokowi. Sementara di pilpres lalu, dia menjadi jurukampanye Prabowo. “Mereka (RR dan Prabowo) sudah dekat dari awal,” ujar Ray.

“Dia (RR) juga punya banyak catatan yang bagus soal upaya ekonomi yang lebih baik. Dan itu juga bisa menjaga Jokowi dari kemungkinan pengaruh pasar yang semakin kuat,” tegasnya.

Sangat Tepat

Ketua Presidium Perhimpunan Masyarakat Madani (Prima) Sya'roni mengatakan, jika Gerindra ingin mewujudkan program-programnya melalui pemerintahan dan di sisi lain tidak ingin mengecewakan para pendukungnya, maka solusinya adalah menunjuk tokoh yang sevisi dengan perjuangan Gerindra tapi bukan pengurus struktural.

"Jika yang tokoh ditunjuk tersebut adalah Rizal Ramli, maka itu adalah pilihan yang sangat tepat," ujar Sya'roni kepada Harian Terbit, Jumat (19/7/2019).

Sya'roni menilai, Rizal Ramli bisa menjadi jembatan penghubung antara Prabowo dengan Jokowi. RR dekat dengan keduanya. Sehingga RR bisa menjadi lalu lintas komunikasi yang efektif agar keinginan kedua belah pihak dapat disinergiskan. Selain itu RR adalah sosok ekonom kerakyatan. Pemikirannya hampir sama dengan arah perjuangan Gerindra. Oleh karena itu jika dipercaya menjadi Menko Perekonomian, maka janji -janji politik Prabowo bisa diwujudkan.

"RR sudah pengalaman di pemerintahan. Pernah menjabat Menko Perekonomian dan Menteri Keuangan di era Presiden Gus Dur dan pernah menjabat Menko Kemaritiman di Kabinet Kerja. Sehingga jika ditunjuk menjadi menteri maka akan mampu berkonstribusi positif untuk rakyat," tandasnya. 

Selain dekat Prabowo dan Jokowi, sambung Sya'roni, RR juga dekat dengan para relawan dan pendukung kedua tokoh tersebut. RR bisa menjadi pemersatu antar kedua kubu relawan yang hingga kini masih terlihat letupan-letupan pemusuhan. Oleh karena itu RR bisa menjadi senjata pamungkas menghilangkan dikotomi antara Cebong dan Kampret sebagaimana yang diinginkan oleh Prabowo dan Jokowi ketika pertemuan di MRT.