Komisi VI Desak Pelindo I-IV Tingkatkan Kualitas Transportasi Logistik

Anu
Komisi VI Desak Pelindo I-IV Tingkatkan Kualitas Transportasi Logistik
Ketua Komisi VI DPR RI Teguh Juwarno. Foto: DPR

Jakarta, HanTer - Ketua Komisi VI DPR RI Teguh Juwarno mendorong jajaran PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo), baik Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III dan Pelindo IV untuk meningkatkan kualitas dalam pelayanan transportasi logistik. Pasalnya, sebagai negara kepulauan, sudah lama Indonesia tidak menjadikan aspek kemaritiman sebagai sektor terdepan. Teguh menyatakan, Pelindo I - Pelindo IV harus lebih lancar mengenai waktu kapal berlabuh dan dwelling time (waktu bongkar muatan).

“Kami mendorong Pelindo I sampai Pelindo IV harus lebih lancar mengenai waktu kapal berlabuh dan dwelling time. Pelayanan dengan waktu yang jauh lebih singkat tersebut akan menguntungkan perusahaan, karena efisiensi,” ujar Teguh usai memimpin RDP Komisi VI DPR RI dengan Deputi Energi Logistik dan Kawasan Pariwisata (ELKP) Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Dirut Pelindo I-IV, di Gedung Nusantara I DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Dengan demikian, politisi Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ini meyakini, ke depannya Pelindo I sampai Pelindo IV betul-betul dapat membantu terciptanya konektivitas yang terkait dengan Tol Laut, dan menggerakkan sektor kemaritiman di Indonesia. Terlebih, di era Presiden Joko Widodo sekarang ini, Teguh mengapresiasi pemerintah yang secara bertahap menjadikan aspek kemaritiman sebagai sektor andalan perekonomian nasional.

“Sudah seharusnya kita unggul di sektor kemaritiman. Di era Presiden Jokowi sekarang ini, kita patut memberikan apresiasi dengan adanya Tol Laut dan kebijakan lainnya yang secara bertahap menjadikan sektor maritim sebagai aspek andalan. Tentu, kami optimis bahwa mitra kerja kami di Pelindo I sampai Pelindo IV dengan upaya perbaikan terus menerus akan menjadi tulang punggung penggerak perekonomian nasional kita,” tutup Teguh.