KASAD Lakukan Kunjungan Kerja dan Pertemuan dengan para Pejabat Militer Singapura

Safari
KASAD Lakukan Kunjungan Kerja dan Pertemuan dengan para Pejabat Militer Singapura

Singapura, HanTer - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa beserta Staf melakukan kunjungan kehormatan kepada Chief of Army (Kasad) Singapura, Mayjen Goh Si Hou, Chief of Defense Force (Panglima Angkatan Bersenjata/AB) Singapura, Letjen Melvyn Ong, dan Senior Minister of State for Defense, Dr. Mohammad Maliki Bin Osman,  bertempat di Kantor Kementerian Pertahanan Singapura, Kamis (11/7/2019).

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya dalam rilisnya di Singapura, Jumat (12/7/2019) memaparkan, pertemuan yang berlangsung dalam suasana hangat dan penuh persahabatan tersebut, para pejabat militer SAF (Singapore Armed Forces) menyampaikan ucapan selamat atas penunjukan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Kasad. 

Dalam kesempatan tersebut, Kasad menyampaikan ucapan terima kasih atas penerimaan dan sambutan hangat SAF terhadap dirinya beserta rombongan.

Lebih lanjut dijelaskan Candra, bahwa di hadapan Kasad Singapura, Jenderal TNI Andika berharap agar ke depan, baik TNI maupun SAF dapat sama-sama mengatasi tantangan regional, baik yang datangnya dari dalam maupun dari luar wilayah. "Kasad juga mengapresiasi teknologi militer yang dimiliki Singapura, dan berharap bisa bekerja sama dalam hal ini," terang Candra.

Dalam kesempatan tersebut, Kasad juga mengajak Singapura untuk melaksanakan latihan yang lebih realistis seperti mengatasi civil unrest, urban operations, dan humanitarian operations. “Kasad Singapura menyambut baik serta menyatakan setuju dengan ide tersebut," ungkap Kadispenad.

Sementara itu, dalam kunjungan kehormatan dengan Panglima AB Singapura, Letjen Melvyn Ong menyampaikan bahwa hubungan di tingkat Mabes Angkatan Bersenjata kedua negara berjalan sangat baik, dan ia berharap di tingkat Angkatan/Matra pun demikian. Melvyn juga berharap ada kerja sama yang lebih baik lagi dalam upaya penanggulangan teroris.

Menanggapi hal tersebut, Kasad menyampaikan bahwa kerja sama dengan Singapura selama ini sangat baik dan TNI AD akan banyak belajar dari Singapura. “Kasad juga menyampaikan ketertarikannya terhadap teknologi militer yang dimiliki Singapura yang dinilai sebagai kebutuhan riil bagi TNI AD,”ungkap Kadispenad mengutip pernyataan Kasad.

Sementara dalam kunjungan Kasad kepada Senior Minister of State for Defense, DR. Maliki menyatakan bahwa sebagai investor terbesar di Indonesia, Singapura menganggap bahwa stabilitas di kawasan sangat penting. Untuk itu, ia berharap Kasad dapat melanjutkan kerja sama yang sudah berjalan. Selain itu, Maliki juga menyatakan bahwa _Foreign Terrorist Fighters_ (FTF) menjadi konsentrasi bersama kedua negara.

"Kasad menanggapi harapan tersebut dengan menyatakan bahwa tantangan lima tahun ke depan sangat besar dan TNI AD perlu alternatif untuk mengatasi hal tersebut. Khususnya dalam hal terorisme, hal ini merupakan daerah abu-abu yang jadi tantangan berat dan berpotensi menjadi besar," jelas Candra.

Kasad beserta rombongan dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Singapura selama 4 hari, dari tanggal 10 hingga 13 Juli 2019.   

"Sebelumnya, Kasad beserta rombongan telah mengunjungi _Singapore Technology Land System_. Selanjutnya, setelah melakukan kunjungan kehormatan kepada para Pejabat Militer Singapura, Kasad beserta rombongan mengunjungi Markas Divisi 3 SAF yang berlokasi di Jurong Camp. Selain itu, Kasad beserta rombongan juga mencoba wahana _I Fly Singapore di Sentosa Island dan melakukan indoor sky diving_. 

Selain itu, tambah Kadispenad Jumat hari ini (12/7), Kasad beserta rombongan dijadwalkan melaksanakan kegiatan jalan santai bersama TNI AD dengan AD Singapura menuju _Fort Canning_ dan menembak pistol eksekutif di MMRC Pasir Laba Camp serta pada malam harinya akan melaksanakan jamuan makan malam resmi Army Interaction Games.

Turut mendampingi kunjungan kerja Kasad, antara lain Irjenad, para Asisten Kasad, Kasahli Kasad, Kadispenad, Pati Khusus Kasad, dan Ketua Umum Persit Kartika Candra Kirana, Ny. Hetty Andika Perkasa.