Antisipasi Rusuh Persija Vs Persib, Belasan Ribu Polisi Amankan GBK

Danial
Antisipasi Rusuh Persija Vs Persib, Belasan Ribu Polisi Amankan GBK
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono

Jakarta, HanTer - Belasan ribu personil polisi sudah disiapkan, mengamankan laga pekan kedelapan antara Persija Jakarta dan Persib Bandung yang akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (10/7/2019) sore.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono menghimbau, agar nantinya masing-masing supporter bisa menahan diri untuk bersama menjaga kelancaran dan keamanan pertandingan. Agar berjalan dengan baik, sebagaimana mestinya.

"Pertandingan ini juga pernah dilaksanakan di Bandung. Kita berharap semua kegiatan dapat berjalan dengan baik. Kalau penonton Persib dari Bandung, silahkan menonton pertandingan dari rumah saja," ujar Argo kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Senin (8/7/2019).

Sementara itu, Karo Ops Polda Metro Jaya, Kombes Pol Slamet Hadi Sipraptoyo mengatakan, pihaknya akan menerjunkan sekitar 15 ribu personel keamanan.

"Iya, pertandingan digelar sesuai dengan jadwal yang ada, tanggal 10 Juli. Kami akan menerjunkan sekitar 15 ribu personel keamanan yang terdiri dari Polri dan TNI," ujar Slamet di Mapolda Metro Jaya, Senin (8/7/2019).

Dijelaskannya, untuk skema pengamanan, kepolisian akan membaginya menjadi empat ring. Di setiap ring, akan ditempatkan sejumlah personel gabungan antara kepolisian dan TNI.

"Kami sebagai petugas itu harus siap, dibantu TNI," ungkapnya.

Mengenai, larangan supporter Persib untuk hadir di GBK, Slamet menjelaskan bahwa itu merupakan keputusan dari PSSI. Namun, sebagai instansi yang bertanggung jawab terhadap keamanan Ibu Kota, Polda Metro Jaya juga menyarankan agar pertandingan hanya dihadiri oleh suporter Persija.

"Kami hanya menjalankan kebijakan PSSI, (pelarangan) itu bukan dari kami. Kami hanya mengingatkan, jalankan saja," ujarnya.