Pemenang Paritrana Award 2018 Terima Hadiah Mobil dan Uang Tunai

Arbi
Pemenang Paritrana Award 2018 Terima Hadiah Mobil dan Uang Tunai
Wapres Jusuf Kalla secara simbolis menyerahkan penghargaan Anugerah Paritrana 2018 kepada Taj Yasin Maimoen, Wakil Gubernur Jawa Tengah. (Ist)

Jakarta, HanTer - Wakil Presiden (Warpes) Jusuf Kalla menyerahkan Anugerah Paritrana 2018 kepada pemerintah provinsi dan kota, perusahaan dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), yang peduli terhadap Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (3/7/2019).

Gelaran yang dimulai sejak 2017 lalu, berhadiah mobil yang ditujukan kepada pemerintah provinsi dan kota, serta perusahaan besar dan menengah. Sementara pemenang kategori UMKM mendapatkan uang tunai sebesar Rp30 juta.

Dalam sambutannya, Wapres Jusuf Kalla menekankan pentingnya perlindungan jaminan sosial kepada para pekerja di Tanah Air. Perlindungan ini menjadi bagian dari upaya mensejahterakan tenaga kerja. Kesejahteraan tenaga kerja syarat mutlak kemajuan suatu negara.

“Penghargaan ini bermakna, tentu BPJS (Ketenagakerjaan) dan pemerintah menghargai upaya daripada perusahaan-perusahaan dan pemda untuk tetap menjaga cara bagaimana menyejahterahkan para pekerja," kata Wapres dalam kesempatan tersebut.

Penerima Anugerah Paritrana dari pemerintah provinsi adalah Jawa Tengah yang diwakili Wakil Gubernur Taj Yasin, Sumatera Selatan diwakili Wagub Mawardi Yahya dan Kepulauan Bangka Belitung diwakili Gubernur Erzaldi Rosman Djohan.

Sementara dari pemerintah kota, Anugerah Paritrana diberikan kepada Kota Bitung diwakili Wali Kota Maximillian Jonas Lomban, Kota Tanjung Pinang diwakili Wali Kota Syahrul dan Kota Makassar diwakili Pj. Wali Kota Muhammad Iqbal Suhaeb.

Enam penerima penghargaan lain berasal dari kalangan perusahaan besar dan menengah, yakni Mulia Resorts and Villas Bali, PT Chevron Pacific Indonesia, PT Bengkulu Karya Guna, PT Pertama Precision Bintan, PT Graha Bernoza dan PT Ewan Superwood. Penghargaan juga diberikan kepada 33 usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dari 34 provinsi.

Ditempat yang sama, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto mengapresiasi langkah pemda dan perusahaan yang berhasil menerima Anugerah Paritrana 2018.  "Tahun ini, sebanyak 33 pemprov, 105 pemda, 89 perusahaan skala besar dan 80 perusahaan skala menengah, serta 33 UKM turut berpartisipasi untuk merebut Anugerah Paritrana," jelas Agus.

Anugerah Paritrana itu merupakan inisiasi dari pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko-PMK) bersama BPJS Ketenagakerjaan sejak 2017 lalu.

Proses penilaian dilakukan melalui seleksi tingkat wilayah oleh tim penilai daerah yang terdiri atas sekda provinsi, kepala Badan Pusat Statistik (BPS) provinsi, kepala dinas ketenagakerjaan tingkat provinsi, Apindo provinsi, serikat pekerja dan dari BPJS Ketenagakerjaan provinsi.

Agus berharap dengan diadakannya anugerah itu dapat menjadi acuan bagi pemerintah daerah dan perusahaan untuk lebih termotivasi memberikan perlindungan kepada seluruh pekerjanya.

“Semoga Anugerah Paritrana ini menjadi pemicu semangat yang dapat memotivasi semua pihak, agar perlindungan menyeluruh bagi seluruh pekerja di Indonesia dapat segera terwujud,” katanya.