Warganet Global Keluhkan Instagram dan WhatsApp Sulit Diakses

Sammy
Warganet Global Keluhkan Instagram dan WhatsApp Sulit Diakses

Jakarta, HanTer - Platform berbagi foto dan video Instagram dilaporkan down atau bermasalah malam ini dan warganet di berbagai negara melaporkan kendala kesulitan mengakses aplikasi tersebut.

Berdasarkan data di situs Down Detector, terdapat lebih dari 14.700 laporan Instagram down hingga pukul 22.00 waktu setempat. Sebanyak 90 persen menyatakan kesulitan mengakses laman utama News Feed.

Lalu, 3 persen pengguna yang melaporkan ke situs Down Detector menyatakan tidak bisa login, sementara 6 persen bermasalah saat mengakses website Instagram.

Berdasarkan peta sebaran kendala Instagram di situs Down Detector, hampir semua benua melaporkan Instagram sulit diakses. Laporan paling banyak antara lain berasal dari Amerika Serikat, Jerman, Prancis, Spanyol dan Argentina.

Antara mencoba membuka Instagram sekitar pukul 22.30 WIB, Rabu, tidak ditemukan kendala saat login hingga mengakses News Feed. Website Instagram.com pun dapat diakses seperti biasa.

Menurut laman Down Detector, yang dilansir Antara, laporan dari Indonesia ditandai dengan warna kuning, sementara negara-negara yang banyak mengalami down ditandai dengan warna merah.

Instagram belum memberikan penjelasan di akun media sosial mereka mengalami kendala ini.

Sementara untuk WhatsApp, ada lebih dari 1.500 laporan di situs Down Detector hingga pukul 22.00 waktu setempat. Sebanyak 73 persen menyatakan masalah mengirim dan menerima pesan, 24 persen mengalami masalah koneksi dan 1 persen saat login.

Sebaran kendala di WhatsApp terbanyak malam ini dialami oleh Brasil, Kolombia dan sejumlah negara di Eropa.

Di Twitter tanda pagar #whatsappdown dan #instagramdown kini menduduki urutan teratas di trending topic malam ini.