Jakarnaval 2019 di Kawasan Monas Tampilkan Kendaraan Hias Ikon Ikan Cupang dan Bunga Anggrek

Harian Terbit/Sammy
Jakarnaval 2019 di Kawasan Monas Tampilkan Kendaraan Hias Ikon Ikan Cupang dan Bunga Anggrek
Dok Jakarnaval 2018

Panggung titik mulai Jakarnaval 2019 telah berdiri Sabtu dini hari Beberapa unit panggung telah didirikan di depan gedung Balai Kota di Jalan Medan Merdeka Selatan pada Sabtu (29/6) dini hari, dalam persiapan menyambut acara parade kesenian Jakarnaval.

Berbagai acara akan digelar di Jakarnaval 2019 yang merupakan rangkaian perayaan HUT ke-492 DKI Jakarta, Minggu (30/6/2019).

Enam kota administratif di DKI Jakarta, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu akan menampilkan keunggulan atau ikonnya masing-masing saat parade mobil nanti.

Kendaraan hias Jakbar akan menampilkan ikon ikan cupang dan bunga Anggrek, Jaksel menampilkan kombinasi batik dengan Jakarta masa kini seperti JPO unik dan MRT, Jakut menampilkan purwarupa (prototipe) Stadion BMW. Kemudian Jakarta Pusat akan menampilkan miniatur Monas, MRT, hingga Masjid Istiqlal, lalu Kepulauan Seribu akan bertemakan pariwisata dan pulau-pulau. Jakarta Timur dia nuansa bangunan ketimuran.

Menurut pantauan pada Sabtu dini hari, di ruas jalan depan Balai Kota telah didirikan beberapa unit panggung terpisah, satu berlokasi di trotoar jalur hijau seberang Balai Kota, sementara panggung lain berada di area trotoar depan gedung tersebut.

Vendor penyedia panggung, Bule, mengatakan saat dijumpai di Jakarta, Sabtu, panggung tersebut akan digunakan untuk perhelatan Jakarnaval yang akan digelar pada hari Minggu (30/6).

“Satu panggung untuk area duduk VVIP dan panggung lainnya untuk hiburan kesenian. Salah satunya, kalau tidak salah, adalah gamelan,” katanya, dilansir Antara.

Selain panggung, telah didirikan pula sebuah gerbang yang akan menjadi titik dimana karnaval akan dimulai. Pagar-pagar besi juga telah dibariskan di sepanjang jalan, di sisi trotoar jalur hijau atau di seberang gedung Balai Kota, sebagai barikade.

Jakarnaval merupakan adalah acara parade tahunan bernuansa budaya yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta, sebagai bagian dari rangkaian peringatan hari ulang tahun Jakarta.

Ditutup

Jakarnaval 2019 terpusat kawasan Monas hingga Bundaran Hotel Indonesia. Demi menjamin kelancaran dan keamanan acara tersebut, Pemprov DKI bakal menutup sejumlah ruas jalan, dan melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan tersebut.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko dalam keterangan tertulisnya menyatakan penutupan dan rekayasa lalu lintas itu dilakukan pada 29-30 juni 2019.

Untuk 29 Juni, demi pelaksanaan gladi resik Jakarnaval, penutupan jalan dan rekayasa lalu lintas dilakukan pukul 15.00-18.00 WIB.

"Selanjutnya ada acara puncak dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 30 Juni 2019 mulai pukul 15.00 hingga 18.00 WIB," tutur Sigit dalam keterangannya, Kamis (27/6).