Percaya MK Bukan Mahkamah Kalkulator, Pengamat Yakin Gugatan BPN Diterima Hari Ini

Sammy
Percaya MK Bukan Mahkamah Kalkulator, Pengamat Yakin Gugatan BPN Diterima Hari Ini
Tim Hukum Prabowo-Sandi (ist)

Jakarta, HanTer - Mahkamah Konstitusi (MK) mengelar sidang perdana hari ini, Jumat (14/6/2019) dengan agenda pemeriksaan kelengkapan dan kejelasan materi permohonan dari Tim Hukum Prabowo Sandi Sebagai Penggugat.

Sebelumnya diketahui, Prabowo-Sandiaga melakukan gugatan sengketa pemilu atas dugaan pelanggaran Pilpres 2019 yang terstruktur, sistematis dan masif (TSM) meliputi penyalahgunaan APBN dan atau Program Kerja Pemerintah, ketidaknetralan aparatur negara, penyalahgunaan birokrasi dan BUMN, pembatasan kebebasan media dan pers, dan diskriminasi perlakuan, dan penyalahgunaan penegakan hukum, sesuai dengan permohonan Prabowo-Sandiaga yang terdaftar dengan nomor registrasi 01/PHPU.PRES/XVII/2019 di MK.

Pakar hukum tata negara Refly Harun mengatakan jika Hakim MK mengedepankan paradigma hitung-hitungan dan TSM dalam membedah sengketa pilpres ini, maka menurutnya hasilnya 'the game is over'.

"Kalau Pilpres sudah sampai ke MK dan paradigmanya masih dua paradigma awal yaitu paradigma hitung-hitungan dan pradigma TSM. Saya kira the game is over (selesai)," kata Refly Harun di Jakarta, Jumat (14/6/2019).

Hal yang sama diungkapkan oleh Pengamat Politik Universitas Islam Syekh Yusuf, Adib Miftahul. Ia mengatakan, MK jangan hanya berkutat pada angka namun dapat lebih masuk dalam membedah fenomena kejanggalan yang terjadi selama pilpres.

"Seperti anekdot yang berkembang dipublik, MK jangan jadi Mahkamah Kalkulator, namun bisa membedah kejanggalan yang terjadi selama pilpres karena ini yang diharapkan masyarakat," ujar Adib.

Dosen Fisip ini mempercayai bahwa semangat yang diemban oleh para Hakim MK adalah semangat menyempurnakan konstitusi dan menjunjung kebenaran diatas segalanya, maka dirinya yakin pada sidang perdana ini gugatan Prabowo Sandi akan diterima MK.

"Saya percaya bahwa semangat MK adalah demi konstitusi dan kebenaran, maka gugatan Prabowo-Sandi ini akan diterima," kata Adib.

Selanjutnya Adib mengatakan, hanya melalui sidang MK ini segala kejanggalan pilpres yang terjadi yang menjadi dugaan kecurangan akam terungkap.

"MK ini satu-satunya jalan meluruskan opini publik yang semakin liar. Dan hanya melalui MK segala kejanggalan pilpres dapat terungkap. Maka kita yakin akan diterima," tutup Adib.

#Mk   #gugatan   #bpn   #pemilu   #pilpres