Bulog Diminta Jaga Ketersediaan Pangan Jelang Lebaran

Anu
Bulog Diminta Jaga Ketersediaan Pangan Jelang Lebaran
Anggota Komisi IV DPR RI Darori Wonodipuro (kanan). Foto: DPR

Jakarta, HanTer - Anggota Komisi IV DPR RI Darori Wonodipuro meminta Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk menjaga ketersediaan bahan pangan menjelang dan sesudah Hari Raya Idul Fitri. Hal ini ia tegaskan mengingat kebutuhan pangan saat Lebaran pasti meningkat dari biasanya. Darori menyoroti tingginya kebutuhan dan harga pangan menjelang Hari Besar Keagamaan menjadi isu yang paling banyak disoroti, khususnya saat memasuki Bulan Ramadan dan Lebaran.

Isu lain seperti munculnya disparitas harga antara petani, peternak, dan nelayan dengan konsumen serta melonjaknya harga distribusi pangan merupakan permasalahan rutin yang selalu terjadi setiap tahun. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Pemerintah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan memiliki peran penting dalam mengelola stabilitas pasokan dan harga pangan pokok, cadangan pangan pokok, serta distribusi pangan pokok agar kebutuhan pangan selama satu bulan dapat terpenuhi.

“Sebagai informasi, berdasarkan data yang kami peroleh, masih terdapat kenaikan harga beberapa komoditas, antara lain daging sapi, daging ayam ras segar, serta beras,” ujar Darori Wonodipuro saat memimpin Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI ke Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (21/5/2019). Kunjungan ini adalah bentuk tindak lanjut Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IV DPR RI dengan Bulog pada 15 Mei 2019 lalu.

Rapat tersebut berkesimpulan bahwa Pemerintah diminta untuk mengendalikan impor pangan dan meningkatkan kinerja Satuan Tugas (Satgas) Pangan dalam mengawal ketersediaan, distribusi, dan stabilisasi harga pangan di tingkat produsen hingga konsumen terutama memasuki Lebaran. Kunjungan ini juga dimaksudkan untuk melihat secara langsung ketersediaan bahan pangan di Gudang Bulog Sumsel.

Setelah mendapatkan paparan, disimpulkan ketersediaan pangan di Sumsel cukup terkendali menghadapi Lebaran. Selain itu dalam hal ketersediaan dan distribusi, Bulog diminta untuk melakukan penjagaan yang lebih ketat. “Ketersediaan pangan di Sumsel cukup baik dan aman. Namun kita tetap meminta Bulog untuk tetap melakukan penjagaan terutama pasca Idul Fitri. Jangan sampai ketersediaan aman, tetapi muncul masalah di kemudian hari," tutur Darori.

Selain itu, Komisi IV DPR RI juga meminta Pemerintah untuk menindak tegas para pelaku usaha pangan yang terbukti melanggar kelancaran distribusi dan keamanan pangan serta yang melakukan penimbunan pangan, sehingga harga pangan menjadi tinggi.