Kenaikan Tarif Tiket Pesawat Berdampak ke Sektor Pariwisata

LTG
Kenaikan Tarif Tiket Pesawat Berdampak ke Sektor Pariwisata
Anggota Komisi X DPR RI Anang Hermansyah

Kenaikan tarif tiket pesawat selama setahun terakhir akan memberi dampak ke berbagai sektor seperti pariwisata, perhotelan, termasuk ekonomi kreatif yang tersebar di sejumlah daerah. Anggota Komisi X DPR RI Anang Hermansyah menegaskan, pemerintah harus membuat terobosan konkret mengatasi persoalan mahalnya tiket pesawat di Tanah Air.

Menurut Anang, dampak turunan atas kenaikan tarif tiket pesawat merembet ke sejumlah sektor. “Paling nyata dirasakan terjadi di sektor pariwisata, perhotelan, dan ekonomi kreatif," ucap Anang dalam rilis yang diterima Parlementaria, Rabu (8/5/2019). 

Politisi PAN ini menyebutkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) awal Mei mengungkapkan terdapat penurunan penumpang pesawat sebesar 1,7 juta penumpang dalam kurun satu tahun terakhir. “Penurunan penumpang pesawat cukup drastis. Ini memberi dampak penurunan jumlah wisatawan di Tanah Air,” ucap Anang. 

Anang menambahkan situasi semakin krusial di saat momentum jelang mudik lebaran dan liburan anak sekolah yang jatuh pada akhir Mei dan awal Juni. Kendati demikian, Anang menyebutkan masyarakat memiliki opsi penggunaan moda transportasi selain pesawat. “Karena momentum mudik lebaran ke kampung halaman akan berdampak transfer ekonomi dari kota ke desa baik melalui sektor wisata, kuliner dan sektor kreatif lainnya," tambahnya.

Legislator dapil Jawa Timur V ini berharap pemerintah dapat membuat terobosan terkait persoalan tarif tiket pesawat yang melambung tinggi. “Harus ada terobosan konkret untuk menurunkan tarif tiket pesawat. Banyak sektor yang terdampak konkret atas kenaikan tarif tiket pesawat ini,” tandas Anang.

#DPR   #anang   #tiket   #pesawat