TAJUK: Hakim MK Jangan Lupa, Anda Harus Jadi Wakil Tuhan

***
TAJUK: Hakim MK Jangan Lupa, Anda Harus Jadi Wakil Tuhan

Sidang perdana gugatan sengketa hasil Pemilu Presiden 2019 akan mulai digelar pada 14 Juni 2019. Banyak kalangan mengharapkan para hakim Mahkamah Konstitusi (MK) bersikap bijak, adil, dan independen dalam menangani dan memutuskan perjaran ini.

Pihak MK pun sudah menyatakan siap sepenuhnya untuk memeriksa dan mengadili gugatan sengketa hasil Pemilu Presiden 2019. Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman mengatakan, sejumlah lokakarya juga sudah dilaksanakan MK untuk seluruh gugus tugas MK, supaya siap menghadapi seluruh proses gugatan Pemilu 2019, mulai dari pendaftaran gugatan, hingga penyerahan berkas putusan.

Selain itu, sistem teknologi dan informasi di seluruh lingkungan MK juga sudah dipersiapkan sedemikian rupa, sehingga mampu mendukung seluruh proses penyelesaian sengketa Pemilu 2019.

Terkait kekhawatiran sejumlah kalangan soal independensi hakim MK, Anwar Usman menjamin independensi sembilan hakim konstitusi, yang akan memeriksa dan mengadili perkara sengketa hasil Pemilu 2019 di MK.

Siapapun yang memiliki tujuan untuk melakukan intervensi terhadap proses persidangan sengketa hasil Pemilu 2019, dikatakan Anwar tidak akan berarti bagi para hakim konstitusi.

Mencari keadilan dan kebenaran itu memang harus, namun hendaknya tetap berada dalam bingkai kebersamaan, kesatuan, dan saling menjaga persaudaraan. 

Harapan kita hakim-hakim MK bisa membuat putusan yang adil dan benar. Mereka harus berpihaklah kepada yang benar, bukan kepada yang salah.

Untuk meraih kepercayaan publik itu tentu diperlukan upaya keras dari seluruh pimpinan dan jajaran MK untuk memulihkan kembali integritas dan kepercayaan publik.  

Tentu, kita meminta MK ‎lebih hati-hati dalam memutuskan suatu gugatan pilpres, tentu kecurangan-kecurangan yang di lakukan para pasangan calon (paslon) juga harus menjadi pertimbangan.  

Itulah sebabnya, MK harus bekerja secara profesional dan mendetil dalam memeriksa setiap permohonan sengketa, sehingga dapat menyentuh permasalahan subtantif dari setiap sengketa. J

uga harus mendorong pemeriksaan secara detil atas semua alat bukti dan dalil yang dimohonkan. Para analis menyebut,  kedua hal tersebut memiliki hubungan langsung terhadap adanya potensi kecurangan pilkada secara keseluruhan.  

Kita berharap, penyelesaian sengketa pilpres  bisa cepat, tidak bertele-tele, sehingga tidak menggangu agenda pilpres. Dan, yang terpenting, sengketa pilpres  jangan mengganggu keutuhan NKRI. 
 
Sekali lagi, kita mengingatkan MK harus berhasil menunjukkan pembenahan institusi dan marwah para hakimnya dalam memutus perkara pilkada. 

Salah satu strateginya tentu bagaimana mewujudkan transparansi dan akuntabilitas tiap-tiap putusan sengketa pilkada. Kita yakin MK bisa melakukan semua itu. Pak Hakim, anda harus jadi wakil Tuhan di dunia.

#Pilpres   #mk   #prabowo   #jokowi