Puluhan Sopir Jalani Tes Ureni

zamzam
Puluhan Sopir Jalani Tes Ureni

Jakarta, HanTer - Tim Operasi Ketupat 2019 Kepolisian Resor Labuhanbatu, Sumatera Utara, melakukan tes urine kepada puluhan sopir angkutan umum untuk memastikan keselamatan penumpang yang melintasi Jalan Lintas Sumatera, di Rantauprapat, Senin (3/6/2019) sore.

Operasi yang dipimpim Satuan Reserse Narkoba Polres Labuhanbatu bersama BNNK Labuhanbatu Utara dan personel Satlantas itu memberhentikan kendaraan bus penumpang dan menggiring sopir melakukan tes urine di hadapan petugas.

Kasat Satres Narkoba Polres Labuhanbatu, AKP I Kadek Hery Cahyadi di Rantauprapat mengatakan, pelaksanaan Operasi Ketupat 2019 untuk memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan pemudik dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Pihaknya telah memeriksa 30 urine sopir angkutan umum secara acak yang melintasi Jalinsum-Kabupaten Labuhanbatu untuk pencegahan kecelakaan lalu lintas dan meminimalisir penyalahgunaan narkoba di daerah.

"Kami melakukan upaya pencegahan, karena sering terjadi kecelakaan dan terbukti oknum sopir positif menggunakan narkoba. Dalam operasi ini satu orang sopir terbukti menggunakan narkotika golongan 1 jenis ganja," katanya.

Pihaknya juga senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dan mengimbau masyarakat untuk menjauhi narkoba.

Menurut dia, bagi pengguna jalan maupun transportasi umum agar selalu mengikuti peraturan lalu lintas untuk keselamatan.

"Bagi masyarakat agar jauhi narkoba, ikuti peraturan berlalu lintas, apabila kelelahan silakan istirahat di pos-pos pengamanan terdekat," kata I Kadek.