Genap Puasa 30 Hari, Pemerintah Tetapkan Idul Fitri pada 5 Juni

romi
Genap Puasa 30 Hari, Pemerintah Tetapkan Idul Fitri pada 5 Juni
Ilustrasi

Jakarta, HanTer – Setelah membuat cemas sebagian warga, akhirnya Pemerintah Indonesia, Senin (3/6) malam, menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah atau Idul Fitri jatuh pada Rabu (5/6/2019). 

"Sebagaimana ketentuan, sebagaimana kaidah yang berlaku. Ketika hal itu terjadi maka bulan Ramadhan tahun ini digenapkan menjadi 30 hari. Itu artinya besok hari Selasa kita masih berpuasa karena masih Ramadhan. Dengan demikian 1 Syawal 1440 H jatuh pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2019," kata  Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin seusai sidang isbat di kantor Kementerian Agama di Jakarta.

Diakuinya, pemerintah menerima laporan pemantauan hilal dari sedikitnya 105 titik di Indonesia. “Setidaknya 33 perukyat dari 33 provinsi yang ada, tidak satu pun di antara mereka yang melihat hilal,” terangnya.

Sejauh ini penentuan awal Syawal oleh Kementerian Agama menggunakan metode hisab dan rukyat sebagaimana menentukan awal bulan Hijriah, yang diatur dalam fatwa Majelis Ulama Indonesia MUI No.2/2004 tentang penetapan awal Ramadhan, Syawal dan Zulhijjah.

Seperti diketahui, sejumlah perwakilan organisasi massa juga hadir dalam sidang isbat ini, termasuk imam besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, pejabat Mahkamah Agung, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), DPR dan tim hisab/rukyat Kementerian Agama. 
 

#Pemerintah   #Idul   #Fitri   #5   #Juni