Bukber, Begini Kata Oesman Sapta tentang Ma'ruf Amien

Danial
Bukber, Begini Kata Oesman Sapta tentang Ma'ruf Amien
Ketua DPD RI Oesman Sapta dan KH Maruf Amin saat buka puasa bersama (Bukber) di Jakarta Selatan, Senin (3/6/2019).

Jakarta, HanTer - Ketua DPD, Oesman Sapta mengatakan, calon wakil presiden Ma'ruf Amin mampu menjalankan tugasnya dengan baik sebagai wakil presiden. Menurut dia, Indonesia merupakan bangsa yang bermartabat dan tidak akan berperilaku yang melanggar undang-undang.

"Pertama kita ucapkan selamat atas terpilihnya Pak Kiai sebagai wapres terpilih 2019-2024. Saya yakin ini akan berjalan dengan baik dan harus akan berjalan dengan," tutur Oesman Sapta dalam acara buka puasa bersama (Bukber) di kediamannya, Jakarta Selatan, Senin (3/6/2019).

Ketua Umum Partai Hanura ini menjelaskan, Indonesia merupakan bangsa yang bermartabat. Dengan begitu, seluruh elemen masyarakat tidak mungkin berperilaku yang melanggar aturan dan undang-undang yang telah ditetapkan oleh negara.

"Tidak ada hal-hal yang harus dilakukan dan melanggar aturan dan undang-undang yang telah ditetapkan oleh negara ini. Kalau di luar undang-undang itu artinya makar," tegasnya.

Sementara itu, calon Wakil Presiden, Ma'ruf Amin bersyukur bangsa ini dibekali para pendahulu dalam mengawal keutuhan bangsa. Meskipun, bangsa majemuk tapi bisa menyelesaikan perbedaan melalui kesepakatan.

"Karena itu saya namakan negara ini negara kesepakatan. Tak mudah menyamakan pandangan, tapi karena sikap-sikap toleran, lapang dada, masing-masing bisa menerima perbedaan. Sehingga ada titik temu melalui NKRI," ujar Ma'ruf, Senin (3/6/2019).

Kyai senior ini menjelaskan, warisan sikap pendahulu bangsa akan terus dijaga. Sehingga, perbedaan bisa terselesaikan dengan sikap toleran dan lapang dada.

"Apalagi kita tiap tahun melakukan puasa agar menjadi bertakwa. Orang bertakwa bisa menahan marah. Agama tak melarang orang tak marah, tapi menahan. Sehingga marahnya bisa dikendalikan secara proporsional," tuturnya.

Diketahui, Ma'ruf berbuka puasa bersama di kediaman Ketua DPD Oesman Sapta di Kuningan, Jakarta. Hadir juga masing-masing istri keduanya.