Panglima TNI Hadiri Pemakaman Ani Yudhoyono

Safari
Panglima TNI Hadiri Pemakaman Ani Yudhoyono

Jakarta, HanTer - Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M. menghadiri pemakaman Ibu Negara RI ke enam Almarhumah Hj. Kristiani Herawati Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019).

Upacara pemakaman Almarhumah Ibu Negara RI ke enam di Taman Makam Pahlawan dipimpin langsung oleh Presiden RI H. Joko Widodo dan penghormatan secara militer kepada Almarhumah Hj. Kristiani Herawati Yudhoyono, karena semasa hidupnya almarhmah pernah menerima bintang jasa Bintang Mahaputra Adipradana.

Ingin Miliki Museum

Sementara itu Annisa Pohan mengungkap keinginan mendiang mertuanya, Ani Yudhoyono, yang ingin memiliki museum galeri dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia mengatakan isi dari galeri itu nantinya koleksi kain tradisional yang dimiliki.

"Ibu Ani ingin sekali punya museum berdua sama Bapak, Museum Galeri Ani, karena selama jadi ibu negara, banyak sekali koleksi beliau, terutama kain tradisional," kata Annisa di TMP Kalibata, Jakarta, Minggu (2/6/2019).

Dia mengatakan tujuan pembuatan galeri itu adalah agar masyarakat memiliki informasi mengenai kain yang dipajang. Tak hanya itu, Ani Yudhoyono disebut juga ingin membuat kebun.

Annisa menyatakan hasil karya SBY dan Ani akan ditampilkan dalam museum tersebut. Ia sedih Ani tidak bisa menyaksikan selesainya pembangunan museum tersebut.

"Ibu pengin punya Museum SBY dan Galeri Ani akan ditampilkan karya dari Bapak selama menjabat selama satu tahun memperlihatkan apa saja yang telah mereka kerjakan memajang kain tradisional. Jadi edukasi untuk budaya itu sudah kita proses di Pacitan, tanahnya sudah ada, tapi memang qadarullah-nya Ibu enggak lihat sampai jadi," sambungnya.

Annisa mengaku cukup terharu atas banyaknya masyarakat yang antusias mengikuti proses pemakaman Ani Yudhoyono. Ia merasa bersyukur dan berterima kasih atas antusias masyarakat yang ingin memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum.

"Luar biasa, tadi dari Cikeas juga sampai ke sini pinggir jalan berjejer mengantarkan Ibu ke tempat peristirahatan terakhirnya. Membuat kami sekeluarga begitu terharu bahwa begitu banyak kasih sayang dari masyarakat ke Ibu Ani. Andai Ibu Ani melihat ini pasti ibu sangat bahagia," pungkasnya.