Hubungan Diplomatik Indonesia – Meksiko Berjalan Intensif

Oni
Hubungan Diplomatik Indonesia – Meksiko Berjalan Intensif
Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) dan Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) Utut Adianto ketika memimpin Delegasi Muhibah DPR RI bertemu dengan Anggota Parlemen Meksiko Foto : Djazuli/mr

Hubungan diplomatik Indomesia dan Meksiko tercermin dalam kerja sama yang intensif dan solid di tataran multilateral dan regional, antara lain melalui forum PBB, APEC, G20, dan MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea, Turki dan Australia). Sedangkan dalam tingkat legislatif telah dibentuk Group Kerja Sama Bilateral (GKSB) antara DPR RI dengan Parlemen Meksiko.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) dan Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) Utut Adianto ketika memimpin Delegasi Muhibah DPR RI bertemu dengan Anggota Parlemen Meksiko yang juga Ketua Partai National Regeneration Movement (Morena) Mexico City, Flor Ivone Morales di Mexico City, Meksiko, Jumat (24/5/2019).

Flor Ivone Morales mengatakan, dalam agenda global, Indonesia telah melakukan aksi-aksi yang berarti di tingkat internasional dan Meksiko memberikan bantuan dukungan kepada Indonesia. Demikian juga aksi yang dilakukan Meksiko untuk kebaikan dunia juga mendapat dukungan Indonesia. Utut berharap pertemuan delegasi Indonesia dan Meksiko dapat saling bertukar pikiran untuk tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kedua negara.

Kunjungan Delegasi Muhibah DPR RI ke Meksiko mempunyai agenda penting untuk meningkatkan hubungan diplomatik kedua  negara yang sudah dimulai  sejak dibuka Kantor Perwakilan Republik Indonesia di Meksiko pada Januari 1954 dan Kantor Kedutaan Republik Indonesia di Meksiko diresmikan pada 1 Juli 1956.

Delegasi Muhibah DPR RI ke Meksiko yang diikuti oleh 11 Anggota DPR RI dijadwalkan akan bertemu dengan Duta Besar Republik Indonesia untuk Meksiko, masyarakat Indonesia di Meksiko, meninjau Sekolah Indonesia, courtesy call dengan Kementerian Pendidikan, Kementerian Kebudayaan, Kementerian Pariwisata Meksiko, serta pertemuan dengan Parlemen Meksiko.