Kepolisian Diminta Tingkatkan Keamanan Jelang Idul Fitri

Anu
Kepolisian Diminta Tingkatkan Keamanan Jelang Idul Fitri
Anggota Komisi III Wihadi Wiyanto. Foto: DPR

Jakarta, HanTer -- Komisi III DPR RI mengunjungi Polda Metro Jaya guna membahas beberapa isu keamanan menjelang Idul Fitri 1440 H. Kunjungan ini dalam rangka membahas pengamanan arus mudik maupun pengamanan ibukota pada saat mudik karena pada saat mudik, banyak warga yang meninggalkan Jakarta, sehingga keamanan harus lebih ditingkatkan.

Anggota Komisi III Wihadi Wiyanto mengungkapkan bahwa peran Polda Metro ini sangat besar karena disinilah awal mula arus mudik dimulai, terutama pengamanan rumah saat ditinggal penghuninya. 

“Karena kita lihat bahwa yang namanya mudik itu banyak warga Jakarta ke luar daerah dan saya kira ada satu hal yang harus diperhatikan dari Polda Metro yakni masalah keamanan perumahan yang kosong,” ujar Wihadi saat kunjungan ke Polda Metro Jaya, Senin, (27/05/2019).

Tak hanya keamanan, Wihadi juga menuturkan bahwa pengendara sepeda motor harus menjadi perhatian kepolisian karena hampir sebagian besar kecelakaan selalu terjadi pada pengendara sepeda motor.  Ia meingatkan agar masyarakat tidak menggunakan motor saat mudik, terutama untuk tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Terutama di jalan reguler yang sering dipakai oleh sepeda motor juga tidak layak untuk dipakai bagi pemudik dengan tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Karena itu saya minta pada Polda Metro untuk memperhatikan bagaimana langkah-langkah pencegahan kecelakaan hingga meningkatkan fasilitas pemudik yang menggunakan sepeda motor,” terang Wihadi.

Dalam kesempatan ini, Kapolda Metro Jaya Gatot Eddy menuturkan bahwa pihaknya sudah mempersiapkan rencana peningkatan keamanan jelang dan pasca Idul Fitri. Sejumlah rencana sudah ia susun dan ia memastikan proses berlangsungnya perayaan Idul Fitri akan berjalan aman.