Jalan Depan KPU, MK dan Depan Istana Dibuka

Antara/Sammy
Jalan Depan KPU, MK dan Depan Istana Dibuka
Truk crane mengangkut beton pembatas di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin malam (27/5/2019). (Antara)

Jakarta, HanTer-- Blokade yang menutup Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, di depan Gedung Komisi Pemilihan Umum RI dibuka. Pada Senin malam, mulai diangkat oleh petugas keamanan, Dinas Perhubungan serta Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta agar dapat segera dibuka kembali.

Pembongkaran tak hanya di depan Bawaslu, namun juga di Jalan Medan Merdeka Barat yang melindungi Istana Negara dan Gedung MK, serta di Jalan Teuku Umar lokasi KPU berada.

Truk dilengkapi crane memindahkan dan mengangkut beton pembatas yang berada di simpang Jalan Imam Bonjol-Jalan HOS Cokroaminoto serta di ujung Jalan Imam Bonjol dekat Graha Mandiri bersamaan.

Sejak Senin sore, personel kepolisian telah memindahkan barang dan perlengkapannya yang terletak di jalan beraspal, khususnya yang berada di sekitar blokade.

Personel Brigade Mobile serta polres dari berbagai daerah masih banyak yang berjaga di sekitar Gedung KPU, di antaranya menghabiskan waktu dengan bercakap-cakap, menikmati kuliner bersama, bermain gim di gawai serta tidur-tiduran di trotoar, selain berjaga.

Blokade serta kawat berduri di depan Gedung Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, yang sama-sama dipasang sejak 21 Mei 2019 telah lebih dulu mulai dibuka Senin sore.

"Kami melakukan pembongkaran, baik itu kawat berduri, beton maupun barrier yang sudah dipasang sejak 21 Mei 2019, proses ini berjalan bersamaan, baik yang ada di Bawaslu, KPU, Istana Negara dan di depan MK atau pun Sapta Pesona," ujar Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Harry Kurniawan saat mulai dilakukan pembongkaran blokade di depan Gedung Bawaslu.

Targetnya hari ini seluruh blokade dibuka sehingga jalanan kembali dapat dipergunakan oleh masyarakat untuk beraktivitas seperti biasa.

Ia mengatakan arus lalu lintas akan segera dipulihkan mengingat kondisi keamanan dirasa sudah baik.