Polri Ungkap 4 Tokoh Target Pembunuhan, Rangkaian Upaya Chaos

Danial
Polri Ungkap 4 Tokoh Target Pembunuhan, Rangkaian Upaya Chaos
Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Muhammad Iqbal

Jakarta, HanTer - Polri mengungkap rencana pembunuhan 4 orang tokoh, yang berhasil digagalkan. Disebutkan 4 tokoh nasional yang diduga ditarget oleh kelompok perusuh 22 Mei 2019, diduga akan dibunuh oleh sekelompok orang.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Muhammad Iqbal mengatakan, sudah ada 6 tersangka yang dijerat terkait perencanaan pembunuhan itu. Keenamnya yaitu HK alias Iwan, AZ, IF, TJ, AD, dan AF alias Fifi. Lalu siapa 4 tokoh nasional itu?

"Pejabat negara tapi bukan presiden," ujar Iqbal kepada wartawan di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (27/5/2019).

"Tapi bukan kapasitas saya yang akan menyampaikan ini. Nanti ketika proses pendalaman, proses penyidikan sudah semakin mengerucut nanti disampaikan ke publik ya," terangnya.

Iqbal menyebut para target pembunuhan itu sudah disurvei terlebih dulu. Dia menyebut para tersangka adalah orang yang sudah berpengalaman.

"Saya kira berpengalaman mereka," ungkap mantan Kapolrestabea Surabaya ini.

Sebelumnya Iqbal menyebut HK dan TJ diduga menerima uang dari seseorang untuk membunuh 4 tokoh nasional. 'Seseorang' yang memberikan perintah itu disebut Iqbal sudah diketahui identitasnya, tetapi tidak diungkapkannya ke publik.

Uang yang sudah diserahkan ke terduga para pembunuh tersebut sebanyak Rp150 juta dan Rp25 juta, dimana rencana pembunuhan ditargetkan adalah rangkaian dari target chaos atau kekacauan di Indonesia.

Polisi juga menyita senjata api dan rompi anti peluru yang bertuliskan polisi, dengan dugaan menyebar fitnah ke korps Bhayangkara.