Unggahan Penyanyi Glen Fredly Dinilai Hina Prabowo-Sandi

Antara/Safari
 Unggahan Penyanyi Glen Fredly Dinilai Hina Prabowo-Sandi
Artis Glenn Fredly

Jakarta, Hanter— Unggahan konten penyanyi Glenn Fredly di Instagram, yang sudah dihapus namun diunggah ulang oleh akun lain, mengenai pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno menuai reaksi beragam.

Pegiat media sosial Darmansyah mengatakan, unggahan konten penyanyi Glenn Fredly di Instagram, yang sudah dihapus namun diunggah ulang oleh akun lain merupakan salah satu bentuk penghinaan kepada calon kepala negara. Dalam unggahan yang sudah dihapus itu Glenn menulis "Shame on you Prabowo & Sandy! Kalian bukan pemimpin, kalian pengadu domba bangsamu sendiri!".

"Saya menilai tulisan "Shame on you Prabowo & Sandy! Kalian bukan pemimpin, kalian pengadu domba bangsamu sendiri!" yang diunggah penyanyi Glenn Fredly di Instagram miliknya, merupakan suatu penghinaan terhadap calon kepala negara," ujar Darmansyah kepada Harian Terbit, Senin (27/5/2019).

Sebagai bentuk penghinaan, sambung Darmansyah, karena saat ini status Prabowo dan Sandiaga masih sebagai calon presiden dan wakil presiden periode 2019-2024. Saat ini Prabowo-Sandi juga sedang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dugaan kecurangan Pemilu Presiden (Pilpres) 2019.

"Seharusnya sebagai seorang publik figur, Glenn Fredly tidak pantas menuliskan seperti itu. Menuduh Prabowo-Sandi "pengadu domba"," tandasnya.

Menurutnya, sebagai selebritas harusnya Glenn tidak menunjukkan partisipasinya kepada sosok tertentu. Karena penggemar Glenn bukan hanya dari kalangan pendukung Jokowi-Ma'ruf. Namun ada juga dari kalangan pendukung Prabowo-Sandi. Posisi tidak memihak dan netral itu harus ditunjukkan Glenn. Apalagi musik yang membesarkan nama Fredly adalah sesuatu yang universal.

"Lagi pula, Glenn menuduh Prabowo-Sandi pengadu domba seperti itu tidak ada buktinya. Maka tulisan di akun Instagram miliknya dihapus," paparnya.

Darmansyah menilai, tuduhan yang dilontarkan Grenn terhadap Prabowo - Sandi berkaitan dengan peristiwa bentrok massa pada 21-22 Mei lalu. Harusnya, Glenn tidak mengkaitkan peristiwa bentrok yang memakan korban delapan orang tewas dan ratusan orang lainnya luka-luka dengan pasangan Prabowo-Sandi. Apalagi bukti-bukti keterlibatan Prabowo - Sandi dalam peristiwa tersebut juga belum teruji.

Oleh karenanya peristiwa kerusuhan kemarin itu juga tidak bisa dikaitkan dengan salah satu pasangan capres. Lantaran proses kampanye Pilpres 2019 sudah selesai. Kecuali disaat masa kampanye terjadi bentrok antara massa pendukung pasangan capres maka hal tersebut tentu bisa dikaitkan dengan pasangan capres yang notabene sedang bersama para pendukungnya.

"Saya sangat menyayangkan seorang publik figur seperti Glenn Fredly asal ngomong dengan menuduh orang sebagai ‘pengadu domba’. Seharusnya sebagai seorang penyanyi netral saja. Kalaupun mendukung kandidat pasangan capres, tidak usah menjelekkan pasangan capres lainnya," jelasnya.

Rasa Setuju

Pada akun Instagram @mak_nyinyiir yang dipantau Antara di Jakarta, Minggu malam, komentar warganet terbagi dua. Ada yang menyayangkan kritikan Glenn, ada pula yang menyatakan rasa setuju.

Kini foto terbaru di akun Glenn Fredly memperlihatkan fotonya bersama Quraish Shihab dan Najwa Shihab dalam acara Shihab & Shihab. Dalam unggahan di mana kolom komentar dinonaktifkan, Glenn menulis, "Kemanusiaan mendahului keAgamaan... kita bisa berbeda pendapat namun hendaknya bersama-sama mengejar kebaikan dalam kemanusiaan."

"Quraish Shihab... Saya tertegun mendengar tausyiah beliau yang begitu dalam makna dan pengetahuan serta penting untuk direnungkan... Saya bersyukur untuk hari ini dimana bisa duduk bersama beliau dan Najwa diundang dalam acara Shihab & Shihab, teduh dan menyejukkan. Sebagai seseorang yang dibesarkan dalam tradisi Nasrani, hari ini saya diberkati oleh Tausyiah Quraish Shihab tentang Islam yang penuh Rahmat untuk kemanusiaan.."

Unggahan penyanyi Glenn Fredly terkait Pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam Instagram menuai banyak kritikan dari warganet. Unggahan itu telah dihapus oleh Glenn dalam akun Glennfredly309. Tapi, sejumlah akun di Instagram mengunggah ulang konten itu.