Ramp Check Pesawat di Bandara Hang Nadim, Siap dan Aman Untuk Mudik

Oni
Ramp Check Pesawat di Bandara Hang Nadim, Siap dan Aman Untuk Mudik

Batam, HanTer - Sebagai upaya untuk menjaga keselamatan penumpang penerbangan selama angkutan lebaran tahun 2019, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II (OBU II ) melaksanakan rampcheck pesawat secara random di Bandar Udara Hang Nadim, Batam, Sabtu (25/5).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti mengatakan, berdasarkan laporan hasil ramp check yang dilakukan Inspektur Penerbangan kelaikudaraan OBU II tidak ditemukan temuan yang menjadi kendala dan bisa menggangu keselamatan operasional penerbangan. 

“Kami melakukan ramp check secara terus menerus selama angkutan lebaran ini sebagai upaya Ditjen Hubud untuk memastikan bahwa pesawat dalam kondisi laik terbang dan kesiapaan personilnya sehingga keselamatan penerbangan tetap terjaga," kata Polana di Jakarta. 

Polana menyebutkan, pelaksanaan ramp check tidak hanya terkait dengan kesiapan armada pesawat saja tetapi juga fasilitas bandara guna mendukung pelayanan yang optimal kepada penumpang. Pelaksanaan rampchek dilaksanakan oleh inspektur penerbangan baik dari pusat maupun Kantor Otoritas Bandar Udara.

Sementara itu, Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah II, Bintang Hidayat menyebutkan pelaksanaan ramp check di Bandar Udara Hang Nadim, pemeriksaan dilakukan secara random sebanyak 7 pesawat milik maskapai Garuda Indonesia, Lion Air dan Citilink Indonesia. 

“Ramp check ini dilakukan sebagai bentuk untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik penumpang menggunakan transportasi udara. Ramp check akan dilakukan terus menerus untuk menjaga keselamatan dan keamanan penerbangan," tutup Bintang.

#Mudik   #bandara   #pesawat   #batam   #kemenhub