Terkait Sengketa Hasil Pilpres, TKN Siap Hadapi Laporan BPN

Sammy
Terkait Sengketa Hasil Pilpres, TKN Siap Hadapi Laporan BPN

Jakarta, HanTer - Badan Pemenangan Nasional (BPN) berencana memasukkan lapor sengketa hasil pemilihan presiden (Pilpres) 2019 ke Mahkamah Konstitusi, Jumat (24/5/2019). Menyikapi hal itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Amin, menyatakan siap menghadapi gugatan tersebut.

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02, Andre Rosiade, memastikan pihaknya belum akan memasukkan lapor sengketa hasil Pilpres 2019 hari ini.

"Tadi saya konfirmasi tim hukum katanya besok, kata tim hukum besok (Jumat 24 Mei)," kata Andre kepada wartawan di Jakarta, Kamis (23/5/2019).

Andre mengatakan, tim hukum sengketa hasil Pilpres BPN, hari ini masih mengadakan rapat kordinasi untuk melampirkan berkas sengketa sebagai permohonan hasil sengketa pilpres.

"Hari ini masih rapat, tadi saya telepon Pak Rikrik (salah satu anggota tim hukum BPN 02)," jelas Andre.

Terkait tenggat waktu, Andre memastikan MK masih memberi tenggat waktu hingga besok. Karenanya, BPN 02 masih memiliki waktu untuk rapat sebelum maju ke MK.

"MK bisa batasnya sampai besok. Tim sudah berkordinasi besok masih bisa," jelas Andre.

Independen

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman memastikan kalau pihaknya siap 100% menerima gugatan yang akan dilayangkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi terkait hasil Pilpres 2019.

"MK sudah siap full team dan siap 100 persen sampai detik-detik terakhir ini. Jadi kami siap untuk itu mau berapa pun permohonan yang masuk," kata Anwar di Jakarta, Kamis (23/5/2019).

Bahkan dikatakannya, tak hanya pilpres MK juga telah siap bila gugatan yang masuk dari para caleg yang ingin mengajukan gugatan terkait hasil Pileg 2019. "Semuanya siap, apakah Pileg, atau Pilpres, semuanya 100 persen," jelasnya.

Anwar pun menjamin independensi MK dalam memutus perkara Pemilu serentak 2019. Menurut dia, putusan MK tak akan bisa diintervensi oleh pihak mana pun.

"Dari sembilan hakim tersebut, semuanya independensinya bisa dijamin. Sekali lagi meskipun ada yang mencoba Insya Allah kami tidak akan terganggu," terangnya.

#Pemilu   #pilpres   #bpn   #tkn   #mk