Polri Mulai Beberkan Dalang Kerusuhan 21-22 Mei

Danial
Polri Mulai Beberkan Dalang Kerusuhan 21-22 Mei
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Mohammad Iqbal

Jakarta, HanTer - Polri mulai mengungkap satu persatu kelompok yang memprovokasi dan menunggangi aksi 22 Mei, yang berujung ricuh.

Pertama adalah kelompok GARIS, yang disebut berafiliasi dengan Islamic State Irak Syiria (ISIS), yang masih menjadi momok menakutkan bagi kalangan internasional.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan terungkapnya kelompok GARIS didasari pengakuan dua orang yang ditangkap dan dijadikan tersangka.

"Dari keterangan dua tersangka tersebut yang kita tangkap, mereka memang berniat untuk berjihad pada aksi unjuk rasa tanggal 21-22 Mei," kata Iqbal kepada wartawan di gedung Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (23/5/2019).

Kemudian kelompok kedua, lanjut Iqbal, menyusup dengan membawa dua senjata api. Tapi Iqbal tidak menyebutkan nama kelompok yang dimaksud.

"Kelompok yang membawa senjata kelompok lain lagi kelompok yang ingin memancing kerusuhan. Mereka ingin menciptakan martir apabila ada korban sehingga terjadi kemarahan publik kepada aparat keamanan dan ini kami terus dalami, kami terus mengejar sesuai strategi penyelidikan," papar Iqbal.

Penangkapan para perusuh dilakukan pada 21-22 Mei. Yang terbaru, ada 185 orang yang diamankan polisi setelah Polda Metro Jaya menetapkan 257 tersangka.

"Banyak kelompok menunggangi kegiatan ini (21-22 Mei). Karena itu, sejak awal Polri dan TNI mengimbau masyarakat tidak turun ke jalan," pungkasnya.