Laskar Garuda Bersatu Komitmen Perkuat Ekonomi Kerakyatan

Safari
Laskar Garuda Bersatu Komitmen Perkuat Ekonomi Kerakyatan

Jakarta, HanTer - Laskar Garuda Bersatu (Ladatu) yang berdiri sejak tanggal 8 Mei 2016 memiliki komitmen kuat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat atau yang lebih populer dengan istilah ekonomi kerakyatan. Untuk mewujudkan komitmen tersebut, Ladatu tengah melakukan penjajakan kerja sama dengan sebuah lembaga wirausaha nasional untuk mendirikan usaha yang disebut Warung Me.

"Saat ini kami fokus pada rencana mendirikan 1000 warung bagi anggota Ladatu di DKI Jakarta," ungkap Ketua Umum Ladatu, Reni Harti di Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Reni menegaskan, yang dilakukan Ladatu untuk menunjukkan kebangkitan ekonomi rakyat. Oleh karenanya setelah di DKI Jakarta, langkah pendirian tempat usaha ini akan berlanjut di provinsi-provinsi lainnya seperti Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur dan lain-lain. Komitmen Ladatu membangun ekonomi kerakyatan ini sejalan dengan cita-cita awal memilih figur pemimpin yang peduli terhadap persoalan tersebut. 

Dalam kiprahnya selama 3 tahun terakhir, Ladatu merupakan relawan Anies Sandi dalam Pilkada DKI tahun 2017 lalu. Selanjutnya mengkonsolidasikan kembali kekuatan dengan mendukung Prabowo Sandi dalam Pilpres 2019 yang lalu.

Selain menggerakan relawan untuk berjuang memenangkan Prabowo Sandi, Ladatu juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial seperti menurunkan relawan di lokasi yang terkena banjir pada setiap musim hujan maupun warga yang mengalami musibah kebakaran.

"Soliditas para relawan baik sejak di Pilkada DKI maupun Pilpres mendorong kami untuk secepatnya mewujudkan cita-cita memberdayakan anggota melalui ekonomi kerakyatan," imbuh Reni seraya menyebutkan organisasi relawannya tersebut telah mendapat pengesahan sebagai perkumpulan baik dari Notaris maupun Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Sementara itu, Ketua Ladatu Cabang Jakarta Utara, Yuli Mansur, mengaku optimistis dengan rencana induk organisasi relawan mendirikan tempat-tempat usaha untuk meningkatkan ekonomi para anggotanya. 

"Insya Allah sesuai dengan perintah Ketum, kami akan mensurvei 194 titik lokasi usaha yang dimiliki anggota Ladatu di Jakarta Utara sesuai dengan persyaratan yang ditentukan" ujar sosok yang akrab dipanggil Yulman tersebut.

Hal yang sama juga dituturkan Hiu Hantono yang merupakan Pembina Ladatu Cabang Jakarta Utara. Menurutnya, langkah yang dilakukan Ladatu merupakan upaya konkrit organisasi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.