Polisi Narkoba Amerika, Sita Sabu Pengungkapan Polres

Danial
Polisi Narkoba Amerika, Sita Sabu Pengungkapan Polres
Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Haryadi

Jakarta, HanTer - Polres Metro Jakarta Barat menyita 16 kilogram sabu asal Amerika Serikat dari jaringan sindikat narkoba internasional.

Sehubungan dengan pengungkapan jaringan internasional ini, polisi narkoba Amerika atau badan anti narkoba Amerika Serikat/DEA juga mengamankan sabu dari jaringan tersebut.

Menurut Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Haryadi, kasus ini terungkap berkat kerja sama antara Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta dan DEA (Drug Enforcement Administration), setelah diketahui adanya pengiriman sabu seberat 6 Kg pada 11 April 2019 lalu.

Kemudian tanggal, 30 April 2019, jaringan yang sama juga kembali mengirimkan sabu sebanyak 10 Kg. Terkait hal ini, tim kepolisian melakukan control delivery dan memberikan informasi ke DEA.

"Dari hasil pengembangan, ternyata kita dalami bahwa barang ini berasal dari Amerika dan ada potensi bahwa barang ini akan masuk lagi ke Indonesia. Sehingga kita berkoordinasi dengan agen DEA, bahwa akan ada barang berikutnya yang masuk ke Jakarta via bandara lagi," beber Hengki kepada wartawan di Mapolres Jakarta Barat, Kamis (9/5/2019).

Sesuai hasil penyelidikan bersama itu, DEA mengamankan sabu di California. Barang itu rencananya akan dikirim ke Jakarta.

"Sehingga tim DEA melakukan penangkapan di Los Angeles, berhasil mengamankan 12 kilogram sabu yang akan dikirim ke Jakarta," kata Hengki.

"Sehingga dari rangkaian pengungkapan kasus narkoba ini, kita berhasil mengamankan sejumlah 28 kilogram sabu yang berasal dari Amerika dan mau disebar," lanjutnya.

Kasus yang diungkap di Jakarta, polisi berhasil menangkap 4 orang tersangka. Dua di antaranya adalah WN China.

Keempat tersangka adalah Cui Ming (WN China) dan perempuan bernama Li Xiufen (WN China), serta dua WNI yakni Dasuki (42) dan Budi Supriyanto (52). Keempat tersangka ditangkap di Kantor Pos Daan Mogot Jakarta Barat dan di parkiran kantor kargo di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.