Sejumlah Negara Islam jadi Donatur Buka Puasa di Masjid Istiqlal

Danial
Sejumlah Negara Islam jadi Donatur Buka Puasa di Masjid Istiqlal
Istimewa

Jakarta, HanTer - Sekretaris Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal, KH Rusli Effendi, mengatakan, donatur kegiatan buka bersama yang diselenggarakan pengurus Masjid Istiqlal berasal dari berbagai negara.

"Donaturnya dari berbagai lembaga negara Islam seperti Uni Emirat Arab, Tunisia dan sejumlah instansi dalam negeri," ujarnya usai berbuka bersama di Masjid Istiqlal, Senin (6/5/2019).

Pengurus Masjid Istiqlal membuka ruang bagi siapa saja yang ingin menjadi donatur kegiatan buka bersama yang dilaksanakan selama Bulan Suci Ramadhan.

"Kami dengan senang hati apabila ada donatur yang ikut serta membantu kegiatan ini, dengan harapan semakin mempererat tali silaturahmi," katanya.

Untuk jumlah nasi kotak dan takjil, pengurus Masjid Istiqlal menyediakan 3.500 hingga 5.000 kotak nasi bungkus setiap Senin hingga Jumat. Sedangkan Sabtu dan Minggu jumlah nasi kotak mencapai bisa 6.000.

"Jumlah nasi kotak yang kita sediakan sering kurang karena jumlah masyarakat yang datang sangat banyak dan dari berbagai daerah," ujar dia.

Selain mengadakan buka bersama, pengurus Masjid Istiqlal juga melaksanakan sahur bersama yang diagendakan pada 10 hari terakhir Ramadhan.

"Jadi tidak hanya buka bersama, tapi kita juga mengadakan sahur bersama untuk mempererat tali silaturahmi sesama umat muslim," katanya.

Kegiatan buka bersama tersebut diikuti oleh ribuan masyarakat dari berbagai kalangan. Tidak hanya dari kalangan menengah ke bawah, namun para pejabat negara juga ikut andil.

"Saya pernah melihat langsung anggota DPR RI ikut berbuka puasa di sini, karena kegiatan ini terbuka bagi siapa saja," katanya.