Bentuk TPF Tewasnya Ratusan Petugas Pemilu

Safari
Bentuk TPF Tewasnya Ratusan Petugas Pemilu
Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin

Jakarta, HanTer—Berebagaiu kalangan mendesak agar Komnas HAM untuk membentuk tim pencari fakta (TPF) guna mengusut tewasnya  ratusan Petugas KPU dan ribuan lainnya yang sakit.

Desakan tersebut disampaikan Kolaborasi Milenial Nusantara (KMN) saat mendatangi Kantor KOMNAS HAM Jakarta. KMN tak menginginkan kematian ratusan Petugas KPPS ini seolah-olah selesai ketika keluarga yang ditinggalkan diberikan santunan oleh KPU dan pihak lainnya.

KMN menyatakan, bila Komnas HAM tidak segera bergerak membentuk TPF, maka ini akan menjadi preseden buruk bagi sejarah bangsa kita. Kita tidak boleh diam, bila masih memiliki nurani dan kemanusiaan!

Sementara itu, Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin menilai pihak berwajib dan yang bertanggung jawab perlu melakukan penyelidikan mendalam dan serius untuk mengetahui penyebab kematian ratusan orang dan ribuan lainnya yang sakit dari kalangan anggota KPPS dengan membentuk TPF melibatkan unsur masyarakat madani.

Luar Biasa

Din dalam siaran pers yang terima di Jakarta, Jumat, menyatakan keprihatinan yang mendalam atas terjadinya musibah yang dapat disebut sebagai kejadian luar biasa yang belum pernah terjadi di Indonesia dan di negara-negara lain.

Din meminta semua pihak, khususnya Pemerintah, untuk memberi perhatian serius terhadap kejadian luar biasa tersebut dengan melakukan langkah-langkah penanggulangan atas korban mati dan pencegahan atas korban sakit.

Dia juga engajak segenap keluarga besar bangsa, khususnya umat Islam untuk senantiasa berdoa kehadirat Allah SWT agar bangsa Indonesia terhindar dari marabahaya dan malapetaka.