Tangkap dan Penjarakan Pelaku 'Serangan Fajar' Pilpres 2019, Forum API Anugerahi Pimpinan KPK Mawar Merah Putih

Safari
Tangkap dan Penjarakan Pelaku 'Serangan Fajar' Pilpres 2019, Forum API Anugerahi Pimpinan KPK Mawar Merah Putih

Jakarta, HanTer  - Puluhan alumni perguruan tinggi yang tergabung dalam Forum Alumni Perguruan Tinggi Indonesia (Forum API) menganugerahi Pimpinan KPK Agus Rahardjo dengan sekuntum bunga Mawar Merah Putih. Bunga diberikan karena KPK akan membuka rencana “Serangan Fajar” dalam operasi tangkap tangan (OTT) anggota DPR-RI, Bowo Sidik Pangarso. 

"Kami sangat mengapresiasi keberanian sikap Pimpinan KPK dalam membuka rencana Serangan Fajar tersebut. Ini membuktikan netralitas KPK dalam Pilpres 2019. “Karena itu, pada kesempatan ini secara simbolik kami menganugerahi Pimpinan KPK, Agus Rahardjo dengan rangkaian Bunga Mawar Merah Putih,"“ kata Koordinator Aksi Forum API, Frins Sisie (Alumni UKI) di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, (11/4/2019).

Sebelumnya, KPK meluruskan adanya kebocoran APBN Rp1.000 triliun yang merupakan kekurangan APBN sekitar Rp2 ribu triliun. KPK juga akan mengejar potensi kebocoran atau kerugian negara sekitar Rp2 ribu triliun tersebut agar masuk dalam APBN, diantaranya mendatangi sejumlah instansi terkait, antara lain Bea Cukai dan Pajak. 

Ketua Presidium Forum API dari alumni ITB, Akhmad Syarbini atau yang biasa dipanggil Abi mengharapkan Aksi Simpatik ke KPK tersebut dapat membuat Pilpres 2019 yang berbarengan dengan pemilihan anggota legislatif berjalan dengan jujur dan adil tanpa Politik Uang (money politic). "Bila terjadi money politic, apalagi dengan menyalahgunakan jabatan, maka kami akan melaporkan langsung ke KPK,"” kata Abi.

Sebagai forum yang beranggotakan para alumni perguruan tinggi se-Indonesia ini, API mengharapkan pasangan capres dan caleg berpartisipasi dalam menciptakan Pilpres dan Pileg dalam Pemilu 2019 secara jujur dan adil, serta tidak melakukan money politic. 

Untuk itu Forum API akan mengawasi jalannya pelaksanaan Pilpres, serta mengintruksikan alumni perguruan tinggi Indonesia agar melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019. 

"Jika ditemukan terjadinya pelanggaran kami akan segera melaporkan kepada KPK, Bawaslu dan Kapolri terhadap semua penyimpangan dan pelanggaran dugaan money politic," pungkas Abi. 

Forum API merupakan gabungan sejumlah perguruan tinggi dari seluruh Indonesia terdiri dari, ITB, UI, UGM, UB, UNPAD, UNS, ITS, USU, UKI, IPB, UNJ, UNILA, UNAND, Unsri, Moestopo, UPI, UHO, UNKRIS, Pancasila, Jayabaya, Gunadarma, UPN Veteran, HKBP Nommensen, UBK, BINUS, dan PERBANAS.