Ada Kemungkinan Prabowo Subianto Menang Pilpres 2010

Danial
Ada Kemungkinan Prabowo Subianto Menang Pilpres 2010
Pangi Syarwi Chaniago analis politik dari Universitas Indonesia

Jakarta, HanTer - Pangi Syarwi Chaniago analis politik dari Universitas Indonesia mengatakan soal Prabowo Subianto jadi presiden jenderal ketiga itu kemungkinan bisa saja.

"Namun pada hari H, tentu banyak yang bisa berubah, masih bisa dipengaruhi undecided voters, swing voters, strong voters bahkan struktur golput masih bisa mengubah peta politik Pilpres," ujar Pangi kepada Harian Terbit di Jakarta, Selasa (9/4/2014).

Menurut Pangi jelang Pilpres yang tinggal menghitung hari ini, kedua pasangan masih saling bersaing untuk meraih simpati rakyat.

"Saya melihat pilpres masih sangat kompetitif dan dinamis, baik Jokowi maupun Prabowo masih berpeluang menang dan perpeluang kalah dalam Pilpres 2019," ungkapnya.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting menjelaskan, politik ibarat cuaca kadang-kadang faktor lain yang sangat dominan pengaruhnya seperti di Jawa Barat, banyak gagal memprediksi peta politik Jabar.

"Di luar dugaan pasangan Sudrajat-Syaikhu terjadi pertumbuhan elektoral di luar dugaan dan banyak lembaga survei kesulitan melihat fenomena patron politik yaitu ada link age politik ulama dan tokoh agama yang berpengaruh di ujung Pilkada," paparnya.