Tanya Rizal Ramli, Prabowo-Sandi Akan Turunkan Tarif Listrik dan Harga Pangan

Safari
Tanya Rizal Ramli, Prabowo-Sandi Akan Turunkan Tarif Listrik dan Harga Pangan

Jakarta, HanTer - Calon Presiden Prabowo Subianto mengatakan akan menurunkan tarif dasar listrik (TDL) dalam 100 hari pertama pemerintahannya bila dia dan Sandiaga Uno terpilih sebagai presiden dan wakil presiden. Tak hanya itu, harga pangan, daging, kedelai, buah, akan diturunkan paling tidak 70 persen. 

Hal itu disampaikan Prabowo ketika berbicara di depan pendukungnya yang menghadiri rapat akbar Minggu pagi (7/4) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Perhitungan mengenai kemungkinan menurunkan harga TDL itu disampaikan ekonom senior Rizal Ramli kepada Prabowo Subianto.
Dalam pidatonya, Prabowo memperkenalkan Rizal Ramli sebagai salah seorang ahli yang membantu dirinya.

“Saya punya pakar antara lain Bung Rizal Ramli. Dia ahli matematika dan fisika, orang pintar. Hanya orang pintar yang bisa jadi ahli fisika. Harusnya dia jadi presiden. (Tapi) kocokan dadu menang saya. Betul?” kelakar Prabowo.

Lantas Prabowo mengatakan, dirinya bertanya kepada Rizal yang pernah menjadi Menko Perekonomian tentang cara menurunkan TDL.

Menurut Prabowo, Rizal Ramli tetap yakin pada hitungannya bahwa TDL bisa diturunkan dalam waktu 100 hari. “Jadi kenapa selama ini (TDL) tinggi, saya tanya. Beliau jawab: biasa Pak, banyak yang minta setoran,” imbuh Prabowo.

Kampanye akbar Prabowo-Sandi di SU-GBK ini juga dihadiri Rizal Ramli, Titiek Soeharto, Rachmawati Soekarnoputri, Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Hashim Djojohadikusumo, Ketua Umum Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama Yusuf Muhammad Martak serta aktivis kemanusiaan, Natalius Pigai dan Adhie Massardi.

Harga Pangan

Ekonom Rizal Ramli mengaku terkesima dengan kampanye akbar Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di GBK. Rizal mengaku terkesan lantaran massa dari berbagai daerah datang dengan sendirinya ke Jakarta.

“Jadi saya kagum karena ratusan ribu rakyat, mungkin jutaan, datang dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Garut, Padang, Banten. Saya luar biasa terkesan. Mungkin kampanye selama ini di Indonesia, jarang rakyat datang sendiri, pakai uang sendiri dan betul-betul moving gitu,” kata Rizal Ramli di GBK, Minggu (7/4/2019).

Dalam kampanye itu, kata Rizal, yang paling penting Prabowo menegaskan dia ingin rakyat Indonesia itu lebih baik, hidup ini sejahtera, salah satu dengan 100 hari Prabowo presiden, harga tarif listrik turun. Kedua harga pangan, daging, kedelai, buah, akan diturunkan paling tidak 70 persen. Dalam 100 hari. Jadi rakyat punya daya beli, ekonominya bisa hidup kembali,” jelas dia.

Rizal Ramli turut memuji komitmen Prabowo soal demokrasi. Dia menyebut Prabowo akan merevisi UU ITE karena dianggap memberangus demokrasi.