KPK Diminta Tindak Novel Baswedan Yang Dinilai Tidak Netral

Oni
KPK Diminta Tindak Novel Baswedan Yang Dinilai Tidak Netral
Aksi Korp Mahasiswa dan Pemuda NKRI (KOMPAN) di depan gedung KPK

Jakarta, HanTer - Sejumlah massa dari Korp Mahasiswa dan Pemuda NKRI (KOMPAN) melakukan aksi di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Senin (8/4/2019). Dalam aksinya, massa meminta agar KPK menindak tegas Novel Baswedan yang memiliki kedekatan dengan parta politik tertentu sehingga dapat menciderai proses penegakan hukum di tubuh lembaga anti rasuah itu.

"Sebagaimana kita tahu, penyidik senior Novel Baswedan memiliki kedekatan dengan para politisi dari Partai Gerindra. Hal ini juga diakui Novel bahkan dilegitimasi para petinggi parpol tersebut. Tentu hal ini menarik logika pada kenyataan bahwa campur-aduk hukum dan politik telah terjadi di lembaga yang dicinta masyarakat ini," kata Koordinator aksi, Agung Yulianto dalam siara persnya.

Dia menjelaskan, pemberantasan korupsi adalah penegakkan hukum untuk mewujudkan keadilan, bukan pesanan atau untuk kepentingan tertentu. "Sebab itu semua penegak hukum pun harus memahami peran dan fungsinya bukan alat permainan yang dapat dimainkan siapa pun," ujarnya.

KPK adalah lembaga pemberntas korupsi korupsi yang dipercayai masyarakat. Berbagai penindakan yang dilakukan KPK tehadap pejabat dan banyak politisi menunjukkan keberanian dan independensi KPK. 

"KPK harus segera melakukan penyidikan internal terkait segala indikasi adanya campur aduk hukum dan politik oleh penyidik KPK yang telah menjadi politikus parpol," tegas Agung.