Anton Sihombing: Keindahan Danau Toba adalah Keajaiban Dunia untuk Dilestarikan

Danial
Anton Sihombing: Keindahan Danau Toba adalah Keajaiban Dunia untuk Dilestarikan
Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR Anton Sihombing dalam sambutan acara Forum Komunikasi dan Sosialisasi Program Kerja DPR RI 2019 bersama wartawan dan pemerintah enam kabupaten se Danau Toba di Simalungun, Sumatera Utara, Jumat (5/4/2019) malam.

Sumut, HanTer - Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR Anton Sihombing mengatakan danau Toba adalah keajaiban dunia yang harus terus dilestarikan, dimana Rencana Induk Kawasan Strategis Danau Toba 2025 sebagai destinasi wisata internasional akan tetap berlanjut siapapun Presiden terpilih saat Pemilu 17 April 2019 nanti.  

“Keindahan ini adalah untuk (masyarakat) dunia dan siapapun Presidennya pasti akan membangunan danau Toba,” ujar Anton dalam sambutan acara Forum Komunikasi dan Sosialisasi Program Kerja DPR RI 2019 bersama wartawan dan pemerintah enam kabupaten se Danau Toba di Simalungun, Sumatera Utara, Jumat (5/4/2019) malam.

Anton menjelaskan, pembangunan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dengan kontrak tahun sudah dimulai. Demikian juga dengan pembersihan atau pemeliharaan Danau Toba dari enceng gondok.

"Dan yang masih menjadi kendala selain anggaran yang masih minim terhadap Pemerintahan Kabupaten sekitar danau. Ada juga keramahtamahan masyarakat sekitar yang merupakan darah Batak yang terkenal ketegasannya," tutur anggota DPR dari Partai Golkar ini.

Selain itu Anton menambahkan, budaya suku Batak berbeda dengan Bali, yang masyarakatnya sudah menyadari bahwa pariwisata sangat mendukung tumbuh dan berkembangnya ekonomi Bali.

"Kalau masyarakat di sana sudah menyadari bagaimana menghadapi turis, kita bertanya alamat (tujuan turis) akan diberitahukan dengan baik. Tetapi kalo disini ditanya, 'Kau cari sendirilah'!,” ujar Anton dan disambut gelak tawa para peserta Forum Komunikasi dan Sosialisasi Program Kerja DPR RI 2019.

Sementara itu anggota Komisi V DPR Jhoni Allen Marbun, mengungkapkan pentingnya menjaga kebersihan danau Toba. "Jangan sampai ada sampah terus dibiarkan, kalau tambah banyak sampah di danau Toba pastinya jadi jelek," kritiknya.

Kegiatan ini juga dihadiri Sekjen DPR Indra Iskandar, Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Y.O.I Tahapari, jajaran Kesetjenan DPR serta perwakilan dari enam pemerintahan kabupaten se Danau Toba antara lain Sekretaris Daerah (Sekda) Simalungun Gideon Purba dan, Sekda Pemkab Samosir Zabiat Sagala.