Jelang Kampanye Akbar Satu Juta Relawan Prabowo-Sandi, Komunitas Indonesia Tersenyum Gelar Baksos

Sammy
Jelang Kampanye Akbar Satu Juta Relawan Prabowo-Sandi, Komunitas Indonesia Tersenyum Gelar Baksos
Relawan Komunitas Indonesia Tersenyum menggelar bakti sosial di Setiabudi, Jakarta.

Jakarta, HanTer - Komunitas Indonesia Tersenyum menggelar Bakti Sosial serentak di sejumlah kota besar, Sabtu (6/5/2019). Hal tersebut salah satunya, guna turut memeriahkan jelang Kampanye Akbar Satu Juta relawan Prabowo-Sandiaga Uno yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (7/4/2019).

Ketua Komunitas Indonesia Tersenyum, Ivan Andy Darmawan, menyebutkan, kota besar yang dimaksud meliputi Jakarta, Tangerang, Medan, Lampung, Surabaya, Sidoarjo, Banyuwangi, Lumajang, Blitar, Kebumen, Wonosobo, Gorontalo dan sejumlah kota lainnya.

Program sosial kewirausahaan yang turut didukung oleh Relawan Hilal Merah Indonesia (HILMI) dan Hasta Mahardika Soehartonesia (HMS) itu diungkapkannya berangkat dari keprihatinan para relawan melihat ketimpangan ekonomi serta pelayanan kesehatan pada sejumlah wilayah di Nusantara.

Permasalahan tersebut katanya berujung pada menurunnya produktivitas serta kesejahteraan masyarakat. Padahal, rakyat diketahui merupakan penggerak dalam memajukan ekonomi bangsa.

"Berawal dari perjalanan kami berkeliling daerah di wilayah Indonesia, dimana masih banyak terdapat warga yang tidak terlayani kesehatannya, yang terimbas dari ketidakstabilan ekonomi, yang berujung kepada terhambatnya kemampuan dalam membangun keluarga dan lingkungannya," ungkapnya ditemui dalam Bakti Sosial di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan pada Sabtu (6/4/2019).

Merujuk permasalahan tersebut, Komunitas Indonesia Tersenyum mengangkat tema 'Rakyat Sehat, Indonesia Kuat' dalam rangkaian Bakti Sosial jelang Kampanye Akbar Satu Juta Relawan Prabowo-Sandi. Tujuannya agar dapat meningkatkan kesehatan serta kewirausahaan masyarakat kalangan pra sejahtera.

Terkait hal tersebut, para relawan pun berbagi tugas. Relawan HILMI, lanjut dia, bertugas melayani kesehatan masyarakat. Sementara, relawan HMS bertanggung jawab terhadap kegiatan sosial kemasyarakatan. Sedangkan Komunitas Indonesia Tersenyum memberikan pelatihan singkat kewirausahaan.

Aksi sosial pun diawali dengan senam bersama ratusan relawan yang dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan sekaligus pengobatan warga. Selain itu, warga pun diajak untuk kerja bakti membersihkan lingkungan yang diakhiri dengan sarapan bersama.

Sementara dalam pelatihan kewirausahaan pihaknya mengajarkan kalangan muda menyablon, pemanfaatan bungkus kopi menjadi kerajinan tangan serta membuat souvenir dari handuk.

"Harapan kami kedepan, di bawah Prabowo Sandi maka kesehatan akan menjadi lebih diperhatikan, ekonomi yang lebih baik, stabilitas harga bahan pokok terjamin, lapangan kerja yang tersedia, kesatuan dan persatuan yang terjaga dan keadilan sosial yang berlaku bagi seluruh rakyat Indonesia," jelas Ivan.

"Begitupun dengan sinergi antara relawan-relawan yang ada di Indonesia akan dapat membantu mewujudkan Indonesia Adil Makmur di masa yang akan datang," tutupnya. 

#Relawan   #prabowo   #sandi   #baksos   #kampanye   #akbar   #satujuta