Sidang Gugatan Ditunda, Korban Firts Travel Histeris 

Safari
Sidang Gugatan Ditunda, Korban Firts Travel Histeris 
Korban Firts Travel di Pengadilan Negeri (PN) Depok, Selasa (2/4/2019).

Depok, HanTer - Sidang gugatan perdata korban biro perjalanan haji dan umroh Firts Travel kembali menelan kekecewaan. Pasalnya sidang kembali ditunda karena tergugat Andika Surachman, pemilik Firts Travel tidak bisa hadir dalam persidangan. Sidang pun hanya berlangsung beberapa menit sehingga membuat korban Firts Travel menelan kekecewaan.

Zuherial, salah satu korban Firts Travel bahkan sempat bersitegang dengan salah satu polisi karena merasa aksinya dihalangi. Zuherial menilai, proses sidang gugatan perdata terhadap Andika Surachman penuh rekayasa dan abal-abal. Karena sidang gugatan yang tiga kali digelar tapi Andika Surachman tidak pernah dihadirkan di muka persidangan.

"Ini sudah tiga kali sidang tapi tidak ada tergugat. Bagaimana sidang bisa berjalan," ujar Zuherial di Pengadilan Negeri (PN) Depok, Selasa (2/4/2019).

Zuherial yang sudah 30 kali bolak balik  Jakarta - Palembang untuk menuntut haknya mengaku pesimis sidang gugatan perdata akan berhasil. Apalagi aset Andika Surachman senilai Rp 663 miliar menguap entah kemana. Andika hanya mengakui Rp414 milyar dari Rp1,3 triliun dana jamaah yang digunakannya. Sementara Rp663 miliar hilang tanpa ada kejelasan.

"Kalau sidang berlanjut, saya akan ungkap semuanya," paparnya.

Sidang gugatan perdata terhadap Andika hanya berlangsung beberapa menit. Hal tersebut karena Andika yang digugat tidak bisa hadir karena saat ini tengah menjalani hukuman usai divonis 20 tahun penjara. Andika dan istrinya Anniesa Hasibuan divonis 18 tahun penjara karena terbukti melakukan penipuan perjalanan umrah dan melakukan pencucian uang dari uang setoran ribuan jamaah umrah.