Warga Antusias Coba MRT Hari Terakhir Gratis: ''Kren, Nyaman dan Bersih''

Harian Terbit/Sammy
Warga Antusias Coba MRT Hari Terakhir Gratis: ''Kren, Nyaman dan Bersih''
MRT

Jakarta, HanTer -- Sudah tujuh hari kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta beroperasi secara nonkomersial (gratis). Di hari terakhir, antusiasme warga Jakarta dan sekitarnya membludak untuk memanfaatkan MRT secara gratis, sebelum MRT beroperasi secara komersial (berbayar) pada Senin 1/4/2019).

“Senang sekali bisa naik MRT, apalagi gratis. Kreen, bersih dan nyaman,” kata Melati warga Pondok Gede yang menyempatkan diri naik MRT.

Hal senada disampaikan Herlina, warga Jaticempaka, Bekasi. “Luar biasa…nyaman dan cepat sampai di tujuan,” ujarnya.

Tarif 50 Persen

Selama April 2019 tarif MRT akan diberi potongan 50 persen. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan tarif MRT telah ditetapkan bersama oleh Pemprov DKI Jakarta dan DPRD Provinsi DKI Jakarta. Hal itu tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 34 Tahun 2019 tentang Tarif Angkutan Perkeretaapian Mass Rapid Transit dan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit.

“Mulai 1 April 2019, MRT Jakarta akan mulai beroperasi secara komersial,” kata Anies di Jakarta Pusat, Minggu dilansir Antara.

Dia menyebut, MRT Jakarta juga telah meminta persetujuan agar selama April, para pengguna MRT mendapatkan potongan atau diskon sebesar 50 persen. Diskon tersebut diberikan agar lebih banyak masyarakat yang menggunakan MRT dan sosialisasi mengenai penggunaan MRT dapat lebih dipahami oleh masyarakat.

“Jadi, kalau sesuai tarif dari Lebak Bulus ke Bundaran Hotel Indonesia (HI) itu Rp14.000, selama satu bulan, hanya Rp7.000 sekali jalan. Misal dari Dukuh Atas ke Fatmawati yang seharusnya Rp12.000 menjadi hanya Rp6.000. Dari Bundaran HI ke Dukuh Atas yang seharusnya Rp3.000,- hanya akan Rp1.500," jelasnya.

Pengoperasionalan secara komersial MRT Jakarta akan mulai berlaku pada pukul 05.30 WIB. Kereta pertama Ratangga berangkat pukul 05.30 WIB dari Stasiun Lebak Bulus dan Stasiun Blok M menuju Stasiun Bundaran HI.

Sementara itu, kereta pertama Ratangga dari Stasiun Bundaran HI menuju Stasiun Lebak Bulus berangkat pukul 05.36 WIB. Kemudian, dilanjutkan setiap 10 menit sekali untuk kereta berikutnya.

Park and Ride

PT MRT memastikan tiga lokasi park and ride yang disediakan bagi pengguna MRT Ratangga bisa digunakan mulai 1 April 2019.

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William P Sabandar mengatakan, saat ini park and ride yang telah dibuka di Jalan Ir Haji Juanda, Lebak Bulus dengan kapasitas 157 mobil dan 500 motor. Kemudian lahan milik PT Jakarta Tourisndo (Jaktour) di Jalan Fatmawati dengan kapasitas 48 mobil dan 100 motor. Terakhir di Jalan Kaimun Jaya yang bisa menampung 80 mobil dan 30 motor.

"Untuk di Lebak Bulus sedang diperkeras lahannya. Ditargetkan semuanya mulai berfungsi pada 1 April," ujarnya di Jakarta, Minggu (31/3/2019).

William menjelaskan, di setiap lokasi park and ride, pengguna kendaraan mobil dikenakan tarif parkir Rp5.000. Sementara bagi pengguna motor dikenakan tarif Rp2.000.