LPI Gelar Lomba Catur Demi Sukseskan Pemilu Damai dan Aman

Eka
LPI Gelar Lomba Catur Demi Sukseskan Pemilu Damai dan Aman
Lomba catur tingkat RW yang digagas Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) di Kebon Pala, Cawang, Jakarta Timur, Sabtu (16/4/2019).

Jakarta, HanTer - Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) menggelar lomba catur antar warga di lingkungan Rukun Warga (RW) 06, Kelurahan Kebon Pala, Kecamatan Kp Makassar, Cawang, Jakarta Timur, Sabtu (16/3/2019).

Lomba tersebut sengaja digelar demi mewujudkan satu misi besar, yakni melancarkan Pemilihan Umum baik Pileg maupun Pilpres, April mendatang agar berjalan aman, damai dan tenteram serta tidak menimbulkan gesekan di tingkat horizontal.

Catur dipilih karena olahraga tersebut mencerminkan ketenangan ditengah keinginan untuk menang dengan mengandalkan strategi berpikir. Tak ayal lomba tersebut menjadi sebuah simbolis untuk mewujudkan Pemilu yang adil dan damai.

"LPI mendorong warga RT/RW bersama-sama menciptakan Pemilu damai. Catur adalah simbol kekeluargaan, maka apa pun pilihan politik kita, tetap satu keluaraga besar Indonesia," kata Boni Hargens selaku Ketua Umum LPI di Jakarta, Sabtu (16/3/2019).

"LPI percaya, Jakarta aman karena warganya mencintai kerukunan dan kedamaian. Meski politik cukup tegang dan panas, hati tetap damai bersaudara sebagai satu keluarga," ujarnya.

Senada dikatakan Saud Ahmad selaku Ketua Dewan Penasihat LPI. Ia mencontohkan, dalam lingkungan berskala kecil seperti keluarga, kerap terjadi silang pendapat mengenai pasangan calon presiden pilihannya masing-masing.

Untuk itu lomba catur bertajuk LPI Chess Cup digagas untuk meredam ketegangan politik dari akar rumput, seperti keluarga maupun lingkungan tinggal agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kami ingin membuat agar suasana di Pileg dan Pilpres nanti berjalan aman, tentram dan damai. Seperti contoh, mungkin di lingkungan kita tinggal maupun didalam keluarga ada yang berbeda pilihan. Namun dengan diadakannya lomba catur ini diharapkan semua bisa berjalan damai," tutur Saud Ahmad. 

#Bonihargens   #lomba   #catur   #LPI   #pilpres   #pemilu