KPU Minta Masyarakat Tetap Tonton Debat Cawapres Ketiga

Safari
KPU Minta Masyarakat Tetap Tonton Debat Cawapres Ketiga

Jakarta, HanTer - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Pramono Ubaid Tanthowi meminta masyarakat tetap antusias untuk menyaksikan debat ketiga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 pada Minggu (17/3/2019) mendatang. Debat ketiga akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta dengan mempertemukan cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin dan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno.
 
Tema dalam debat ketiga ini yakni pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan sosial-kebudayaan. Antisipasi keributan antara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, KPU juga telah membentuk Komite Damai. Sehingga dalam debat nanti jika ada keributan maka langsung bisa diatasi.
 
Pramono meminta masyarakat tak menganggap enteng acara debat ketiga hanya karena cawapres yang akan berdebat. Karena pemaparan visi, misi dan program dari masing-masing cawapres pada debat ketiga nanti juga penting disaksikan masyarakat. Sehingga masyarakat bisa mengetahui apa saja yang disampaikan cawapres terkait terkait tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan sosial-kebudayaan.
 
"Tidak bisa dianggap hanya sekadar cawapres yang melakukan debat, sebab pemimpin bangsa itu adalah satu kesatuan yakni presiden dan wakil presiden," ujar Pramono di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (12/3/2019).
 
Pramono mengatakan melalui debat antar cawapres ini juga dapat menentukan kualitas kepemimpinan keduanya jika salah satunya terpilih sebagai orang nomor dua di republik ini. Ia menilai jabatan wakil presiden bukanlah sekadar ban serep atau pelengkap bagi jabatan presiden. Oleh karenanya dalam debat nanti akan ada pemaparan visi, misi, program kedua cawapres yang bisa menjadi tolak ukur masyarakat melihat kualitas cawapres yang akan dipilihnya.
 
"Karena dari situ tadi kita bisa menilai seberapa jauh wawasan dari masing-masing cawapres. Itu akan sangat menentukan kualitas kepemimpinan bangsa kita lima tahun mendatang. Masyarakat diharapkan menonton debat pada Ahad pukul 20.00 WIB," paparnya.