Kemenhub Berikan Sejumlah Bus Untuk Pesantren

Akbar
Kemenhub Berikan Sejumlah Bus Untuk Pesantren

Purworejo, HanTer – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) menyerahkan sebanyak 5 bus bantuan untuk Pondok Pesantren Nuril Anwar, juga bagi Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Magelang, Pondok Pesantren Darussalam Magelang, Pondok Pesantren Al-Azhar Temanggung, dan Pondok Pesantren Fathkul Muin Ali Masykur Wonosobo. 

“Penyerahan Bantuan Bus Sekolah dan Alat Penerangan Jalan (APJ) di Pondok Pesantren Nuril Anwar ini semoga tidak hanya sekadar mengantarkan bus tapi setidaknya dapat melihat peran pemerintah dan perhatian pemerintah terhadap masyarakatnya,” demikian disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi saat acara Penyerahan Bantuan Bus Sekolah dan Alat Penerangan Jalan (APJ) di Pondok Pesantren Nuril Anwar Desa Maron, Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo, Sabtu (9/3/2019).

Dalam kesempatan ini, Dirjen Budi mengatakan, seperti yang telah diamanatkan oleh Bapak Menteri Perhubungan, bus ini dapat dimanfaatkan secara maksimal dan optimal untuk kepentingan pendidikan guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) terutama bagi santri.

Dirjen Budi juga mengapresiasi usulan dari Sudjadi sebagai anggota Komisi V DPR RI karena atas aspirasi Sudjadi juga sehingga Ditjen Hubdat dapat mengalokasikan bantuan bus sekolah tersebut. 

Membantu mobilitas para santri sekaligus masyarakat di sekitar pondok pesantren, menurut Dirjen Budi adalah salah satu guna dari bus bantuan yang diberikan oleh pihaknya. Maka harapannya pihak Pondok Pesantren dapat menggunakan bus bantuan tersebut bersama dengan masyarakat untuk kepentingan bersama.

“Tahun ini kami memberikan bantuan sebanyak 100 bus sekolah. Tahun lalu kami berikan 80 bus sekolah. Mudah-mudahan dengan penyerahan ini Ditjen Hubdat ikut serta melaksanakan kebijakan Pemerintah untuk turut serta meningkatkan kualitas masyrakat terutama Pondok Pesantren,” jelas Dirjen Budi. 

Dalam acara ini, Ditjen Hubdat juga memberikan sejumlah bantuan Alat Penerangan Jalan (APJ). Oleh karena itu, Dirjen Budi amat berharap masyarakat maupun pihak keamanan setempat dapat bersama-sama menjaga fasilitas yang sudah diberikan ini.

Adapun pemberian bus bantuan ini, menurut Dirjen Budi, tak hanya untuk Pondok Pesantren saja melainkan juga untuk kampus maupun pemerintah daerah. “Semuanya sangat tergantung dengan kebijakan kita juga berdasarkan kebutuhan masyarakat,” ucap Dirjen Budi.

Dalam acara ini hadir juga Sudjadi sebagai anggota Komisi V DPR RI, Direktur Angkutan Jalan Ahmad Yani, pimpinan Pondok Pesantren Nuril Anwar KH. R. Abdul Hakim Hamid, serta Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purworejo Said Romadhon.