Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Resmi Beroperasi, Jokowi Berharap Juni Tembus Palembang

Oni
Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Resmi Beroperasi, Jokowi Berharap Juni Tembus Palembang

Lampung, HanTer - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung, sepanjang 143 km yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JJTS). Dan ruas tol yang diresmikan ini merupakan yang terpanjang diresmikan oleh Jokowi selama dirinya menjabat Presiden.

"Iya tol terpanjang yang pernah kami resmikan karena memang ini panjang sekali sampai Terbanggi Besar," kata Presiden Jokowi usai peresmian di gerbang tol Natar, Lampung Selatan, Jumat (8/3/2019).

Presiden mengatakan jika JTTS tersebut merupakan yang tercepat proses pembangunannya. "Tak terlalu banyak kendala yang dihadapi dalam pembangunan JTTS di Lampung, bahkan proses pembebasan lahannya berjalan cukup lancar," kata Presiden.

Total panjang jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang dibangun yakni 140,9 kilometer.

Menurut Presiden, pada Juni 2019 diharapkan telah terbangun hingga ke Palembang, Sumatera Selatan, dengan total panjang sekitar 350 kilometer.

Presiden menjelaskan pembangunan jalan tol itu diharapkan dapat memicu investasi yang berkaitan dengan jalan tol. 

Kondisi jalan di jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar dilapisi beton. Sejumlah rambu lalu lintas dan lampu penerangan jalan pun telah terpasang di beberapa titik.

Dengan tol itu, masyarakat dapat menempuh rute dari Bakauheni ke Terbanggi Besar maupun sebaliknya selama sekitar 90 menit dalam kondisi lancar. Jika menggunakan jalan nasional, masyarakat biasanya membutuhkan waktu selama 4-5 jam untuk menempuh rute itu.