Wahyu: KPU Terima Kritik dan Independen

Safari
Wahyu: KPU Terima Kritik dan Independen

Jakarta, HanTer - Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan mengemukakan, KPU selalu berupaya independen. “Semua komisoner KPU dalam posisi independen," katanya dalam audiensi dengan massa aksi Forum Umat Islam di gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019).
 
Menurut Wahyu pihaknya terbuka terhadap kritik dan semua pihak sama-sama mengawasi KPU dan menegur jika ada indikasi keberpihakan. Kami akan selalu  bekerja berdasarkan aturan yang berlaku,” paparnya.

Dia mengemukakan, KPU menghormati kebebasan berpendapat baik secara lisan maupun tulisan. Dan sepanjang yang saya tahu di media maksud dan tujuannya baik, meminta KPU bersikap netral," ujarnya.

Sementara itu Sekjen FUI Al-Khaththath memuji KPU selepas bertemu dengan beberapa Komisioner KPU. Ia menyebut  KPU berkomitmen menjunjung independensi. "Tadi ditegaskan oleh Pak Wahyu (komisioner KPU), sampai hari ini komisioner tetap commit sebagai komisioner yang independen bukan di bawah petahana, presiden, tapi commitkerja untuk rakyat. Ini harus kita dukung dan buktikan," jelasnya.

Al Khaththath memaparkan, perwakilan FUI menyampaikan beberapa persoalan kepada KPU, termasuk soal cuti capres petahana. Bagi FUI, capres petahana harus ambil cuti agar tercipta pemilu yang adil. 

"Suami kan boleh pegang apa saja kepada istri, tapi calon suami boleh pegang apa saja? Nggak boleh. Tapi ini capres juga presiden," ucap Al-Khaththath.

Di tempat yang sama, Ketua Media Center Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin juga meminta KPU netral sebagai penyelenggara Pemilu 2019. Jika tidak maka KPU wajib dibubarkan. Dia mengklaim masyarakat saat ini sudah mengalami krisis kepercayaan. Oknum aparat, baik sipil maupun Polri dipertanyakan netralitasnya. 

"Mereka oknum aparat, baik sipil Polri kita pertanyakan netralitas. Pada 2014 jadi saksi dan punya bukti adalah yang melakukan curang adalah yang digaji oleh rakyat. Kalau KPU tidak netral, kita wajib bubarkan KPU. Siap bubarkan KPU? Takbir!" ujarnya saat menyampaikan orasi.

#Pilpres   #kpu   #prabowo   #jokowi