Keren, Mobil “Konseling Denpasar Ceria” Jadi Teman Curhat Warga Denpasar

romi
Keren, Mobil “Konseling Denpasar Ceria” Jadi Teman Curhat Warga Denpasar
Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra/ ist

Bali, HanTer - Beragam inovasi terus digalakkan Pemkot Denpasar dibawah kepemimpinan Walikota Rai Mantra dan Wawali Jaya Negara. Tidak hanya hadir sebagai pemberi pelayanan dasar dan pelayanan publik secara umum. Kini Pemkot Denpasar turut hadir mengatasi keluhan pribadi masyarakatnya. 

Pemkot Denpasar melalui Dinas Pemerdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar meluncurkan Mobil Konseling Denpasar Ceria sebagai salah satu program inovasi PKK Kota Denpasar. Hadirnya Mobil Konseling ini diresmikan secara langsung oleh Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra, yang juga bertepatan dengan HUT Kota Denpasar ke-231, di areal Taman Kota Lumintang, Rabu (27/2/2019). 

Dengan demikian, beragam keluhan masyarakat mulai dari masalah keluarga, percintaan, bahkan masalah pekerjaan sekalipun dapat ditampung untuk menciptakan solusi. Dengan 10 Tim yang dilengkapi pskiater dan sosiolog, mobil ini digarapkan mampu mengurangi masyarakat yang senantiasa curhat di media sosial. 

"Kami menganggap ini merupakan masalah pribadi masyarakat, namun penting untuk kita carikan solusi bersama, dengan adanya Mobil Konseling Denpasar Ceria ini masyarakat Denpasar tak perlu curhat di medsos, apalagi sampai ke orang yang salah sehingga tidak menuntaskan masalah dan malah menambah masalah," kata Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra usai meresmikan Mobil Konseling Denpasar Ceria.

Menurut Ketua Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Selly Dharmawijaya Mantra, Mobil Konseling hadir sebagai bentuk pemerdayaan dan kesejahteraan keluarga masyarakat Kota Denpasar. “Jadi masyarakat bisa mendapatkan layanan konsultasi, seperti tagline kita yaitu “Curhat dan Cerita Kita”, bisa curhat di sini dengan identitas yang tentunya dirahasiakan,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan, Mobil Konseling Denpasar Ceria itu hadir memberikan pelayanan konsultasi berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat baik dari anak-anak, dewasa dan lansia. Bercerita atau curhat dengan orang yang tepat dapat membuat diri menjadi lebih nyaman dan tenang. “Dari kalangan ibu rumah tangga, ataupun remaja yang sering galau bisa cerita di sini, bahkan konselor bisa membantu mencarikan solusi terbaik dari masalah yang dimiliki,” pungkasnya.

Gagasan cerdas hadirnya Mobil Konseling ini diapresiasi oleh Walikota Denpasar, Rai Mantra, pihaknya mengatakan bahwa tujuan dari Pemerintah Kota Denpasar tidak hanya sebatas mensejahterakan masyarakat, namun bahagaimana kebahagiaan masyarakat bisa diwujudkan bersama. “Mobil Konseling ini bisa menjadi wadah masyarakat untuk bisa mengungkapkan masalahnya ataupun hanya sekedarsharing, dari pada dipendam dan tidak berujung penyelesaian, maka mobil ini yang dilengkapi dengan konselor adalah inovasi yang cerdas,” ungkapnya. Rai Mantra juga menambahkan bahwa saat ini banyak yang menyoroti kebiasaan curhat di media sosial, yang ternyata justru menimbulkan dampak permasalahan baru karena persepsi publik yang beragam. “Ayo manfaatkan hadirnya Mobil Konseling Denpasar Ceria ini dengan ceria juga,” ajak Rai Mantra.

Sementara Kepala Dinas Pemerdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana mengatakan bahwa dengan kehadiran mobil konseling Denpasar Ceria diharapkan dapat membantu berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat. “Kami tentu sangat mendukung program-program positif seperti ini, semoga selalu memberi manfaat positif untuk masyarakat,” ungkapnya.